Readability Iklan Display Surat Kabar Surabaya Post

ANIA SAPTYASARI (1999) Readability Iklan Display Surat Kabar Surabaya Post. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan merupakan salah satu bauran promosi disamping sales promotion, personal selling, dan publicity, yang dimuat melalui media above the line, maupun below the line. Tujuannya adalah agar khalayak yang tidak tahu menjadi tahu, yang tahu menjadi membeli, dan yang membeli tetap mengkonsumsi produk tersebut. Sehingga suatu pesan iklan harus dibuat semenarik mungkin agar khaJayak tertarik untuk membeJi produk yang diiklankan. Untuk itu diperlukan strategi kreatif daJam perikJanan, antara lain pemilihan kata-kata, musik, lay out, wama dan sebagainya. Di samping itu suatu iklan yang baik harus memperhatikan struktur iklan dan menggunakan rumus AIDCA iAttention, Interest, Desire, Conviction and Action). Walau pesan iklan dirancang sedemikian rupa supaya menarik, namun seringkali muncul pertanyaan seberapa efektifkah suatu pesan iklan. Apakah pesan yang disampaikan tersebut dapat dipahami dengan mudah atau tidak oleh khalayak. Untuk mengetahui mudah dipahami atau tidaknya pesan yang disampaikan dalam iklan digunakanlah readability research Readability research ini merupakan penelitian tentang kemudahan dipahaminya suatu pesan, baik berupa buku, bacaan, artikel di majalah atau surat kabar, berita, novel, editorial, dan pesan yang disampaikan olehpenyiar,jadi tidak terbatas pada teks iklan saja. Alas dasar itulah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat readability surat kabar Surabaya Post periode Juni-Juli 1998 dengan menggunakan formula C/oze Procedure dan Flesch. Pene1itian ini rnenggunakan dua metode penelitian yaitu metode survey untuk formula C/oze Procedure dan metode analisis isi untuk formula flesch. Alasan dipiJihnya iklan display surat kabar Surabaya Post periode Juni -Juli 1998 ini didasarkan pada pertama, iklan display surat kabar mempunyai struktur iklan yang dapat dengan mudah dan jelas diamati karena dapat ditatap setiap saat, berulang kali dan se1ama dikehendaki. Kedua, surat kabar Surabaya Post merupakan surat kabar yang 10010 dari oplahnya yaitu 106.200 eksemplar daerah sirkulasinya adalah Jawa Timur dan 89 % beredar di Surabaya. Ketiga, periode Juni -Juli 1998 dipilih dengan alasan datanya rclatif baru schingga lebih memudahkan untuk pencarian data demi kelancaran penclitian.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 659.15 Rea
Uncontrolled Keywords: Surat Kabar
Subjects: H Social Sciences
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
ANIA SAPTYASARIUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:13
Last Modified: 10 Oct 2016 06:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41393
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item