MODIFIKASI STRUKTUR BENZOIL-N-AMPISILIN UNTUK MENDAPATKAN AKTIVITAS OPTIMAL TERHADAP BEBERAPA BAKTERI GRAM-POSITIF DAN GRAM-NEGATIF

Suko Harjono, Drs. MS, Apt. and Bambang Soekardjo, Dr. SU, Apt and Siswandono, Drs. MS, APt (1996) MODIFIKASI STRUKTUR BENZOIL-N-AMPISILIN UNTUK MENDAPATKAN AKTIVITAS OPTIMAL TERHADAP BEBERAPA BAKTERI GRAM-POSITIF DAN GRAM-NEGATIF. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
09 ABSTRAK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
09.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kcsehatan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Untuk memelihan kcsehatan dibuluhkan obat untuk mencegah dan melawan penyakit. Bt.~rvariasinya jcnis penyakit, banyaknya kuman yang sudah kebal terhadap antibiotika h~rtenlu dan adanya bcrbagai efek samping dari obat mendorong penelitian lebih lat~t1t untuk mengembangkill slruktur obat yallg sudah ada atau mencari dal1lllCnemllkan scnymva aklirbaru. Turunan penisilin merupakan antibiotika pilihan pertama untuk pengobatan penyakit infeksi karena toksisitasnya relatif lebih rendah dibanding anlibiolika lain, sehingga dipilih salah salu turunannya, yaitu ampisilin sebagai senyawa induk, ullIuk dikembangkan lehih lanjut. Dalam usaha optimasi aktivitas antibakteri terhadap bakteri Gram-negati t: dilakukan modifikasi dengan memasukkan gugus yang sangat lipofilik, yaitu n-butil yang mempunyai efek sterik besar, pada posisi para gugus benzoil (senyawa 1). Tcrhadap bakteri Gram-positif dilakukan modifikasi struktur ampisilin dengan memasukkan gugus yang bersifht hpotilik dan menunjukkan efek elektronik tinggi, yaitu gugus tritllloromctil, pada posisi nwtn gugus benzoil (senyawa 2). Pemasukan gugus-gugus di atas dilakukan dengan !1Iereaksikan tunman benzoil klmida dengan gugus N-amino dari <llllpisilin (reak3i asilasi) dcngall pelarut tetrahidrofuran.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615.19 Har m-1
Uncontrolled Keywords: kimia, farmasi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Suko Harjono, Drs. MS, Apt.UNSPECIFIED
Bambang Soekardjo, Dr. SU, AptUNSPECIFIED
Siswandono, Drs. MS, APtUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 25 Oct 2016 15:50
Last Modified: 25 Oct 2016 15:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41707
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item