HUBUNGAN ANTARA HASIL PENETAPAN KADAR SENYAWA AKTIF KlORAMFENIKOl DAN TETRASIKlIN SECARA SPEKTROFOTOMETRIK DENGAN AKTIVITAS ANTIBAKTERINYA TERHADAP STAPHYLOCOCCUS AUREUS

Nurul Wahyuning Diyah, Dra. and Bambang Tri Purwanto, Dra. MS and Siswandono, Drs. MS and Suko Hardjono, Drs. MS (1993) HUBUNGAN ANTARA HASIL PENETAPAN KADAR SENYAWA AKTIF KlORAMFENIKOl DAN TETRASIKlIN SECARA SPEKTROFOTOMETRIK DENGAN AKTIVITAS ANTIBAKTERINYA TERHADAP STAPHYLOCOCCUS AUREUS. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
08 ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seperti halnya antibiotika pada umumnya, kloramfenikol dan tetrasiklin mempunyai stabilitas yang terbatas sehingga selama penyimpanan dapat terjadi peruraian yang mengakibatkan penurunan Kadar senyawa aktif. Selain akan mengurangi aktivitas antibakteri, peruraian itu dapat menimbulkan hasil u~ai yang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis kuantitatif Kadar senyawa aktif. Metode Spektrofotometri sering digunakan untuk menentukan Kadar kloramfenikol dan tetrasiklin. Seperti metode penetapan Kadar umumnya, metode ini berdasarkan pada gugus fungsi spesifik suatu senyawa. Apabila senyawa tersebut terurai dan hasil urainya masih mengandung gugus tadi maka Kadar yang terukur akan sama dengan Kadar senyawa mula-mula sehingga tidak dapat menggambarkan aktivitas yang sebenarnya. Dengan demikian perlu diketahui apakah hasil penetapan Kadar senyawa aktif kloramfenikol dan tetrasiklin secara spektrofotometrik dapat mencerminkan aktivitas antibakterinya.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615.19 Hub
Uncontrolled Keywords: kadar senyawa aktif, antibakteri
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Nurul Wahyuning Diyah, Dra.UNSPECIFIED
Bambang Tri Purwanto, Dra. MSUNSPECIFIED
Siswandono, Drs. MSUNSPECIFIED
Suko Hardjono, Drs. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 25 Oct 2016 15:48
Last Modified: 25 Oct 2016 15:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41708
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item