KORELASI KADAR PROPILENGLIKOL DALAM BASIS DAN PELEPASAN DIKLOFENAK DARI BASIS GEL KARBOPOL (IN VITRO)

Liza Pristianty, Dra. M.Si. Apt and Soegiahrto Hadimoeljo, Drs. Apt. and Esti Hendradi, Dra. M.Si. Apt and Ekarina Ratna Himawati, Dra. MKes, Apt (1996) KORELASI KADAR PROPILENGLIKOL DALAM BASIS DAN PELEPASAN DIKLOFENAK DARI BASIS GEL KARBOPOL (IN VITRO). UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
06 ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
06.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sediaan farmasi yang bermutu adalah sediaan farmasi yang memenuhi kriteria amant efektif dan efisien. Untuk memenuhi kriteria tersebut. obat diformulasikan dalam bentuk sediaan tertentu sehingga dapat mencapai tempat aksinya secara optimal. Na diklofenak adalah salah satu obat yang pada pemakaian oral dapat menimbulkan iritasi lambung dan obat tersebut bersifat lipofil, maka dikembangkan formulasi Na diklofenak dalam bentuk sediaan topikal . Pada formulasi Na diklofenak dalam bentuk sediaan topikal dengan basts gel karbopol sering kali ditambahkan propilenglikol sebagai humektan yang bertujuan untuk memperbaiki konsistensinya, penambahan propilenglikol tersebut tentu akan berpengaruh terhadap sifat fisikokimia sediaan dan pelepasan Na diklofenak dari bas is gel. karena kemampuan cbat mengadakan penetrasi tergantunq pada dua hal yaitu obat harus berdifusi keluar dari pembawa menuju ke permukaan kulit dan selanjutnya ha~rus dapat berpenetrasi ke tempat aksinya.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615.19 Kor
Uncontrolled Keywords: drug, kimia, farmasi
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Liza Pristianty, Dra. M.Si. AptUNSPECIFIED
Soegiahrto Hadimoeljo, Drs. Apt.UNSPECIFIED
Esti Hendradi, Dra. M.Si. AptUNSPECIFIED
Ekarina Ratna Himawati, Dra. MKes, AptUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 25 Oct 2016 15:41
Last Modified: 25 Oct 2016 15:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41710
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item