DINAMIKA EKOLOGI KOTA : STUDI TENTANG INFILTRASI, INVASI DAN SUKSESI DI PERUMNAS SIMOMULYO SURABAYA

Doddy Sumbodo Singgih, Drs and Daru Prijambodo, Drs and Bagong Suyanto, Drs and Benny Soembodo, Drs (1989) DINAMIKA EKOLOGI KOTA : STUDI TENTANG INFILTRASI, INVASI DAN SUKSESI DI PERUMNAS SIMOMULYO SURABAYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-singgihdod-31711-3.abstr-n.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
41725.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mencoba memahami proses dinamika ekologi kota yang terjadi di Wilayah Perumnas Simomulyo, Suraboyo, khususnya melihat bagaimana proses pindah-masuk penghuni Perumnas, reaksi yang ditunjukkan penghuni lama terhadap kedatangan penghuni baru serta proses pergantian penghuni yang terjadi. Proses ini dalam kopsep ekologi kota disebut dengan infiltrasi, invasi dan suksesi. Selain bersifat deskriptif kualitatif, penelitian ini juga mencoba membuat intepretasi, ulasan teoritis dari data yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dengan lebih mengandalkan pada data sekunder yang tersedia, penelitian sebelumnya serta wawancara mendalam ( depth interview ) yang dilakukan terhadap responden terpilih atau key informan. Selanjutnya ponelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu ; Pertama, proses infiltrasi terjadi ditandai oleh masuknya penghuni Perumnas secara bertahap dengan karekteristik yang sama yakni, berasal dari masyarakat kota lapisan bawah yang memiliki status sosial ekonomi rendah. Kedua, masuknya penghuni baru yang menempati rumah tipe lebih tinggi ternyata menimbulkan reaksi ( invasi ). Ketiga, Telah terjadi pergantian penghuni dari penghuni lama yang memiliki kondisi ekonomik rendah pada penghuni baru yang umumnya memilikl status sosial ekonom1 lebih tinggi. Namun demikian belum nampak adanya fase klimaks dalam proses suksesi.

Item Type: Other
Additional Information: 307.336 Din
Uncontrolled Keywords: Ekologi Kota, Infiltrasi, Invasi dan Suksesi
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Doddy Sumbodo Singgih, DrsUNSPECIFIED
Daru Prijambodo, DrsUNSPECIFIED
Bagong Suyanto, DrsUNSPECIFIED
Benny Soembodo, DrsUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDaru Prijambodo, DrsUNSPECIFIED
Thesis advisorBagong Suyanto, DrsUNSPECIFIED
Thesis advisorBenny Soembodo, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 23 Oct 2016 20:16
Last Modified: 13 Jun 2017 19:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41725
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item