ANALISIS PENGARUH KEBIJAKSANAAN KONTRAKSI MONETER DAN DEPRESIASI RUPIAH TERHADAP US $, PADA KINERJA BURSA EFEK DI INDONESIA

Iswajuni, Dra. Ec. Ak. and Lilik Sugiharti, SE and Achmad Syafii, SE and Nuri Herachwati, Dra., Ec., MSi and Ni Made Sukartini, SE (1998) ANALISIS PENGARUH KEBIJAKSANAAN KONTRAKSI MONETER DAN DEPRESIASI RUPIAH TERHADAP US $, PADA KINERJA BURSA EFEK DI INDONESIA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-draeciswaj-32154-4.ringk-.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-draeciswaj-32154-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bursa Efek rnerupakan salah satu indikator keadaan perekonomian suatu negara. Jika kondisi perekonomian sedang baik, maka hal ini akan langsung tercermin pada harga-harga sekuritas yang diperdagangkan di Bursa Efek tersebut, dan sebaliknya apabila konsisi perekonomian memburuk. Ada dua faktor utama yang mempengaruhi kinerja suatu Bursa Efek, yaitu variabel eksternal dan variabel internal. Variabel internal adalah variabel -variabel mikro ekonomi yang dihasilkan oleh kinerja seluruh perusahaan yang mencatatkan di Bursa Efek tersebut, misal volume transaksi, kapitalisasi pasar, jumlah perusahaan yang listing. Sedangkan variabel eksternal adalah variabel yang berasal dari luar, misal faktor ekonomi, politik, dan keamanan. Penelitian ini lebih ditekankan pada variabel-variabel eksternal dalam mempengaruhi kinerja Bursa Efek di Indonesia yang dicerminkan oleh Indeks Harga Saham Gabungan, oleh karena Bursa Efek sangat rentan sekali dengan pengaruh ekstemal ini. Hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa kebijaksanaan kontraksi monerer dan depresiasi Rupiah terhadap US$ berpengaruh secara signifikan pada kinerja Bursa Efek di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable-variabel tersebut terhadap kinerja Bursa Efek di Indonesia. Dari hasil regresi yang dilakukan, dengan koefisien determinasi (adjusted R2sebesar 0,97503 dan uji statistik F sebesar 166,94932 berarti bahwa secara bersama-sama kinerja Bursa Efek di Indonesia dipengaruhi oleh variabel bebas (Xt. X2, X3, X4). Nilai Kurs US$ terhadap Rupiah dan nilai kapitalisasi pasar mempunyai pengaruh yang signifikan terhardap kinerja Bursa Efek di Indonesia. Artinya bahwa dengan semakin naiknya nilai USS terhadap rupiah dengan kata lain Rupiah terdepresiasi terhadap US$, maka kinerja Bursa Efek Indonesia semakin menurun, dan sebaliknya. Secara lebih jelas bahwa, apabila kurs Dollar Amerika terhadap Rupiah meningkat dengan 1000 satuan, maka Indeks Harga Saham Gabungan akan turun sebesar 5 satuan. Nilai kapitalisasi pasar memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja Bursa Efek di Indonesia, artinya dengan semakin meningkatnya nilai kapitalisasi pasar, maka kinerja Bursa Efek di Indonesia juga akan semakin meningkat, don sebaliknya. Sedangkan kebijaksanaan kontraksi moneter dan volume transaksi Bursa udak berpengaruh signifikan terhadap kinerja Bursa Efek di Indonesia.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK 332.46 Ana
Uncontrolled Keywords: Bursa Efek, Depresiasi Rupiah, Ekonomi Indonesia
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HG Finance > HG3810-4000 Foreign exchange. International finance. International monetary system
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Iswajuni, Dra. Ec. Ak.UNSPECIFIED
Lilik Sugiharti, SEUNSPECIFIED
Achmad Syafii, SEUNSPECIFIED
Nuri Herachwati, Dra., Ec., MSiUNSPECIFIED
Ni Made Sukartini, SEUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 21 Sep 2016 02:10
Last Modified: 21 Sep 2016 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42016
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item