IDENTIFIKASI MUBALLIGHOT SE JAWA TIMUR SELAKU KOMUNIKATOR TERHADAP MASYARAKAT STUDY DESKRIPTIF: PADA HIDMAT JATIM

Udji Asiyah, Dra. (1990) IDENTIFIKASI MUBALLIGHOT SE JAWA TIMUR SELAKU KOMUNIKATOR TERHADAP MASYARAKAT STUDY DESKRIPTIF: PADA HIDMAT JATIM. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-asiyahudji-32226-2.ringk-n.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-asiyahudji-32226-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bangsa Indonesia yang religius berdasarkan Pancasila, tentunya menaruh perhatian terhadap keberadaan Muballighot/Da'iyah/Komunikator karena mereka sebagai penyampai dan pendukung kepada masyarakat terhadap program-program pembangunan walaupun bukan merupakan satu-satunya unsur yang berperan. Oleh karena itu perlu diadakan suatu penelitian guna mengetahui identitas dari Muballighot selaku komunikator di daerah Jawa Timur. Penelitian semacam ini belum pernah dilakukan tentunya akan menambah perbendaharaan dalam ilmu komunikasi. Untuk memperoleh data tentang identitas Muballighot selaku komunikator tidak bisa lepas dari mengkaji kondisi pribadi Muballighot itu sendiri, demikian pula guna mengungkapkan pribadi Muballighot tersebut tentunya juga tidak bisa terlepas dari melihat tentang karakter Muballighot yang meliputi kredibilitas, daya tarik dan power (kekuatan/kekuasaan) dari Muballighot. Dari data yang terkumpul bisa disimpulkan bahwa: Pertama, kredibilitas Muballighot cukup tinggi, tentunya hal tersebut akan sangat mudah mempengaruhi perilaku kelompoknya. Kedua, cara da'wah yang dilakukan bervariasi namun yang paling menonjol adalah penuh semangat, tegas, aktif, dan berani. Sebagian Muballighot suka menunjukkan karismatiknya dengan variasinya masing-masing. Ketiga, Muballighot menganggap da'wah yang lebih efektif adalah jika Muballighot menyampaikan kesamaannya dengan audience, memperhatikan kesukaan audience, mengadakan pendekatan kekeluargaan dengan audience. Ke empat, Muballighot punya power yang cukup besar dalam menyampaikan tentang ganjaran dan menakuti dengan dosa.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 297.65 Asi i
Uncontrolled Keywords: masyarakat, kehidupan sosial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL624-627 Religious Life
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS1525-1560 Religious societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Udji Asiyah, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 19 Sep 2016 12:50
Last Modified: 19 Sep 2016 12:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42057
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item