PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 15 SURABAYA

FENNY HEDIANA, 040418642 (2009) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 15 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-hedianafen-16474-abstrakb-p.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
4226.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Guru sangatlah berperan penting dalam dunia pendidikan, karena guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi rendahnya mutu hasil pendidikan. Keberhasilan siswa sebagai output yang berupa peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan sikap melalui penilaian yang obyektif merupakan salah satu cerminan dari kinerja guru. Untuk itu, seorang guru diharapkan mampu menerapkan kecerdasan emosional sebagai wujud nyata untuk memaksimalkan kinerja demi mencapai keberhasilan siswa di sekolah. Untuk keperluan tersebut di atas, maka diadakan penelitian mengenai Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru. Oleh sebab itu dalam penelitian ini kecerdasan emosional sebagai variabel bebas (X) dan kinerja guru sebagai variabel terikat (Y). Dimana terdapat 4 variabel dalam kecerdasan emosional (X) yaitu kesadaran diri (X1), pengelolaan diri (X2), kesadaran sosial (X3) dan mengelola hubungan (X4). Populasi penelitian diambil dari guru tetap dan guru tidak tetap di SMU Negeri 15 Surabaya sebanyak 86 orang, dan ternyata 86 orang tersebut bersedia mengisi kuesioner secara lengkap dan benar. Data dikumpulkan melalui 2 (dua) macam kuesioner, yaitu 1 kuesioner kecerdasan emosional yang diisi oleh guru dan kuesioner kinerja guru yang diisi oleh kepala sekolah dan pengawas, dan juga oleh penilai (assesor). Validitas tes yang diukur dengan menggunakan teknik Korelasi Statistik Product Moment. Dari 20 item pernyataan kuesioner kecerdasan emosional (X) yang dibuat, sebanyak 19 item yang dinyatakan sahih dan 1 item dinyatakan tidak sahih. Reliabilitas dari variabel kecerdasan emosional (X) dilakukan dengan koefisien Cronbach Alpha dan masing-masing variabel kecerdasan emosional dinyatakan reliabel. Sedangkan kuesioner kinerja guru (Y) tidak perlu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas karena kesioner penilaian kinerja guru sudah ditetapkan oleh Permendiknas No.41 tahun 2007 dalam bentuk RPP. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Persamaan regresi linier yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: Y = 0,86 + 0,288 X1 + 0,178 X2 + 0,201 X3 + 0,310 X4 Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa berdasarkan uji F variabel kesadaran diri (X1), pengelolaan diri (X2), kesadaran sosial (X3) dan mengelola hubungan (X4) secara bersama-sama (simultan) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru (Y). Dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel kesadaran diri (X1), pengelolaan diri (X2), kesadaran sosial (X3) dan mengelola hubungan (X4) secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru (Y). Sedangkan kesadaran diri (X1) memiliki pengaruh yang dominan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 77/10 Hed p
Uncontrolled Keywords: EMOTIONS; HEALTH BEHAVIOR, EDUCATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K100-103 Legal education
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1140-1140.5 Preschool education. Nursery schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2371-2372 Graduate education
T Technology > T Technology (General) > T61-173 Technical education. Technical schools
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
FENNY HEDIANA, 040418642UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHJ.DWI RATMAWATI, Dr.SE.M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 05 May 2011 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 21:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item