Aplikasi Ionic Imprinting Polymer Untuk Isolasi Logam Scandium Yang Bernilai Ekonomi Tinggi Dari Lumpur Lapindo Sidoarjo Secara Ekstraksi Fasa Padat

Ganden Supriyanto, 0028126802 (2013) Aplikasi Ionic Imprinting Polymer Untuk Isolasi Logam Scandium Yang Bernilai Ekonomi Tinggi Dari Lumpur Lapindo Sidoarjo Secara Ekstraksi Fasa Padat. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (FULLTEKS)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Luapan Lumpur Lapindo telah mengakibatkan kerugian yang luar biasa bagi masyarakat. Kerugian itu tidak hanya berupa material tetapi juga kerugian ekologis karena zat-zat berbahaya yang dihasilkannya. Namun demikian, kajian yang dilakukan oleh Bakrie Group ternyata menunjukkan bahwa di dalam lumpur Lapindo ditemukan kandungan unsur tanah jarang yang cukup besar, khususnya scandium. Scandium merupakan salah satu unsur tanah jarang yang mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu metode yang lebih sederhana, selektif dan efisien untuk mengisolasi unsur tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Scandium banyak digunakan sebagai komponen lampu yang memiliki intensitas tinggi dan isotop radioaktif sebagai agen pelacak dalam kilang minyak mentah. Akhir-akhir ini IIP (Ion Imprinted Polymer) telah berkembang pesat sebagai adsorben untuk ekstraksi fasa padat karena mempunyai faktor prekonsentrasi dan selektivitas yang tinggi. Aplikasi IIP sebagai adsorben dalam ekstraksi fasa padat telah banyak dilaporkan diantaranya untuk ekstraksi arsen, besi, kadmium, merkuri, nikel, paladium, ruthenium, samarium, thalium, tembaga, thorium, timbal dan uranium.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.15-14 Sup a
Uncontrolled Keywords: Ionic Imprinting,Isolasi Logam, Aplikasi
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-390 Science (General)
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Ganden Supriyanto, 0028126802UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:10
Last Modified: 09 Sep 2016 08:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item