ANALISIS MUTASI GEN pncA DAN STRUKTUR PROTEINNYA UNTUK MENGUNGKAP DASAR RESISTENSI PIRAZINAMID PADA ISOLAT KLINIS Mycobacterium tuberculosis

Purkan, 0016117201) (2013) ANALISIS MUTASI GEN pncA DAN STRUKTUR PROTEINNYA UNTUK MENGUNGKAP DASAR RESISTENSI PIRAZINAMID PADA ISOLAT KLINIS Mycobacterium tuberculosis. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PZA adalah salah satu obat andalan yang direkomendasikan WHO untuk terapi TB. Munculnya resistensi PZA pada isolat-isolat klinis M. tuberculosis sering dihubungkan dengan terjadinya mutasi gen pncA penyandi PZase. Identifikasi jenis dan posisi mutasi pncA pada M. tuberculosis resisten PZA dari isolat klinis lokal sangat diperlukan, terutama dalam upaya untuk pemetaan biomarker genetik bagi resistensi PZA isolat-isolat klinis lokal tersebut. Selain itu, identifikasi mutasi pncA juga sangat diperlukan untuk mengungkap hubungan antara mutasi pncA terhadap tingkat resistensi PZA pada isolat-isolat klinis M. tuberculosis. Hal ini penting untuk penyusunan konsep mekanisme resistensi PZA. Tujuan unggulan penelitian ini adalah untuk menemukan konsep mekanisme resistensi pirazinamid berdasarkan analisis mutasi gen pncA dari isolat klinis M. tuberculosis resisten PZA dan model struktur protein PZase mutan. Secara garis besar rincian tujuan penelitian yang akan dicapai adalah : menskrining isolat klinis M. tuberculosis resisten PZA dari penderita TB, menentukan tingkat resisten PZA pada beberapa isolat klinis M. tuberculosis, mengisolasi DNA genom M. tuberculosis resisten dan sensitif PZA, mengamplifikasi gen pncA dari isolat M. tuberculosis sensitif dan resisten PZA pada nilai KHM rendah (≤ 10 μg/mL) dengan PCR menggunakan primer spesifik hasil perancangan, Menentukan urutan nukleotida gen pncA hasil PCR, dan menentukan jumlah, posisi dan jenis mutasi gen pncA pada isolat M. tuberculosis resisten PZA melalui analisis pesejajaran.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.19-14 Pur a
Uncontrolled Keywords: m. tuberculosis, resisten PZA, pirazinamida, gen pncA
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.M35 Computer science -- Mathematics
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Purkan, 0016117201)UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Sep 2016 02:13
Last Modified: 09 Sep 2016 02:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item