INOVASI PENJUALAN TIKET KERETA API SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN CALON PENUMPANG DAN EFISIENSI PENGELOLAAN PENJUALAN TIKET DI 4 STASIUN DI KOTA SURABAYA

Dian Indrawati, 071211132011 (2016) INOVASI PENJUALAN TIKET KERETA API SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KENYAMANAN CALON PENUMPANG DAN EFISIENSI PENGELOLAAN PENJUALAN TIKET DI 4 STASIUN DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.43-16%20Ind%20i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kereta api merupakan salah satu transportasi umum yang diminati oleh masyarakat di Indonesia. Meskipun begitu pelayanan yang diberikan oleh PT. KAI masih banyak kekurangan, seperti banyaknya calo tiket, panjangnya antrian di loket, membludaknya calon penumpang di stasiun, minimnya jumlah tempat duduk, dan lain sebagainya. Maka sebagai satu-satunya pengelola jasa perkeretaapian di Indonesia, PT. KAI menciptakan berbagai inovasi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, salah satunya adalah inovasi dalam hal penjualan tiket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kenyamanan calon penumpang, pengelolaan penjualan tiket kereta api dan menjelaskan inovasi penjualan tiket yang dilakukan di 4 stasiun di Kota Surabaya guna meningkatkan kenyamanan bagi calon penumpang kereta api dan efisiensi pengelolaan penjualan tiketnya. Penelitian ini menggunakan konsep kenyamanan, konsep efisiensi pengelolaan, dan konsep inovasi. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di empat stasiun di Kota Surabaya. Untuk teknik penentuan informan, dibedakan menjadi dua, yaitu untuk informan penyedia layanan menggunakan teknik purposive sampling dan untuk penerima layanan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kenyamanan bagi calon penumpang kereta api di 4 stasiun di Kota Surabaya sudah relatif lebih nyaman dan pengelolaan penjualan tiket kereta api di 4 stasiun di Kota Surabaya sudah efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.43/16 Ind i
Uncontrolled Keywords: kenyamanan, efisiensi pengelolaan, inovasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Dian Indrawati, 071211132011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 07 Sep 2016 03:33
Last Modified: 14 Jun 2017 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42388
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item