IMPLEMENTASI PROGRAM URBAN FARMING OLEH DINAS PERTANIAN DI KOTA SURABAYA

Vika Jessy Sihgiyanti, 071211131099 (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM URBAN FARMING OLEH DINAS PERTANIAN DI KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (697kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.56-16 Sih i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi kebijakan program Urban Farming di Kota Surabaya oleh Dinas Pertanian Kota dalam mengentaskan kemiskinan melalui ketahanan pangan.masalah yang mendasari adalah fenomenakemiskinan yang terjadi di Kota Surabays, keterbatasan lahan yang terjadi di Indonesia dan ketergantungan pangan yang terjadi di masyarakat Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori model implementasi kebijakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan, dengan menggunakan key informan melalui purposive. Proses analisis data tersebut dilakukan dengan analisis interaktif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan Urban Farming di Kota Surabaya sudah berhasil, namun masih memerlukan koreksi untuk keberlanjutan kebijakan dimasa mendatang. Urban Farming dipengaruhi oleh empat faktor yakni komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana (disposisi), dan struktur birokrasi. Keempat faktor ini saling berkesinambungan dan sangat mempengaruhi keberhasilan dari kebijakan Urban Farming di Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.56/16 Sih i
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Urban Farming, Ketahanan Pangan
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT170-178 Urban renewal. Urban redevelopment
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD920-934 Rural and farm sanitary engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Vika Jessy Sihgiyanti, 071211131099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, Prof. Dr. H., Drs.,M.comUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:08
Last Modified: 07 Sep 2016 07:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42401
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item