PERPADUAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PEMBERIAN TUGAS MATA KULIAH STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

HAMIDAH, 131653456 (2003) PERPADUAN METODE DISKUSI KELOMPOK DAN PEMBERIAN TUGAS MATA KULIAH STRUKTUR PERKEMBANGAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2007-hamidah-4729-lp0607-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2007-hamidah-4729-lp0607-p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan I merupakan mata kuliah yang sarat dengan hafalan, sehingga kemungkinan timbul rasa bosan, akibatnya nilai yang dicapai belum bisa optimal. Selama ini metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dilanjutkan dengan praktikum. Metode yang mengakomodasi untuk berinteraksi antar mahasiswa belum pernah dilaksanakan. Oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas pemahaman terhadap mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan I sekaligus meningkatkan nilai mata kuliah tersebut, maka akan dicoba dibuat sistem pengajaran yang melibatkan partisipasi aktif dari mahasiswa yaitu metode diskusi dan variasi pemberian tugas. Proses belajar mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan I ini menggunakan metode kuliah (ceramah), tutorial (diskusi kelompok), dan variasi pemberian tugas.. Kuliah diikuti 64 mahasiswa, dalam satu semester diberikan 14 kali tatap muka yang terbagi dalam 4 pokok bahasan. Waktu yang dibutuhkan setiap tatap muka 1 jam (50 menit). Dalam pelaksanaan tutorial, mahsiswa dibagai dalam 6 kelompok, masingmasing sebanyak 10 - 11 mahasiswa, dibimbing oleh satu dosen tutor. Tutorial dilakukan selama 1 jam (50 menit). Setiap kali tutorial, satu kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan tugas tutorial, sedang kelompok lainnya sebagai penyanggah. Tugas dosen tutor adalah memimpin tutorial, mengarahkan diskusi, memberikan penilaian pada mahasiswa dan menyimpulkan materi yang didiskusikan dengan beberapa komentar. Bentuk tugas yang diberikan kepada mahasiswa dalam pelaksanaan teaching grand ini ada dua yaitu : studi lapangan dan jurnal akademik. Secara uinum dari evaluasi proses pembelajaran dapat dinyatakan, bahwa mahasiswa sudah puas terhadap sistim perkuliahan yang diberikan berkaitan dengan pelaksanaan program teaching grant proyek DUE-Like. Metode diskusi kelompok dan variasi pemberian tugas dalam mata kuliah Struktur Perkembangan Tumbuhan I dapat meningkatkan kualitas pemahaman dan meningkatkan nilai hasil belajar mengajar.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.06/07 Ham p
Uncontrolled Keywords: BIOLOGY � STUDY AND TEACHING; DISCUSSION; STUDY SKILLS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HAMIDAH, 131653456UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 13 Sep 2016 08:18
Last Modified: 13 Sep 2016 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42586
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item