PENENTUAN JENIS KELAMIN BERDASARKAN UKURAN KONDILUS MANDIBULA PADA TENGKORAK INDONESIA

An'nissa Chusida, drg., M.Kes. (2005) PENENTUAN JENIS KELAMIN BERDASARKAN UKURAN KONDILUS MANDIBULA PADA TENGKORAK INDONESIA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-chusidaann-6513-kkakkl-k.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-chusidaann-6513-lp4708-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bagian artikular suatu tulang merupakan bagian yang terbaik dalam menentukan jenis kelamin. Kondilus mandibula merupakan salah satu komponen tulang penyusun sendi temporomandibula. Setelah erupsi gigi, pertumbuhan dan perkembangan artikular temporomandibula dipengaruhi oleh aktivitas otot individu, hubungan antar otot pengunyah dan okiusi gigi. Kondilus mandibula yang merupakan tempat perlekatan otot pengunyah akan merespon langsung setiap kekuatan yang diterima sendi temporomandibula. Telah dilakukan penelitian dengan pendekatan antropometri untuk menentukan perbedaan jenis kelamin berdasarkan ukuran mediolateral dan ukuran anteroposterior kondilus mandibula pada tengkorak Indonesia. Penelitian dilakukan pada dua puluh empat tengkorak laki-laki Indonesia dan dua puluh tengkorak perempuan Indonesia. Pengukuran jarak mediolateral dan anteroposterior kondilus mandibula dilakukan dengan menggunakan kaliper digital. Analisa data yang digunakan adalah uji t, dari hasil penelitian didapatkan perbedaan yang bermakna pada ukuran mediolateral dan ukuran anteroposterior kondilus mandibula antara laki-laki dan perempuan pada tengkorak Indonesia. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa perbedaan jenis kelamin dapat ditentukan berdasarkan ukuran mediolateral dan anteroposterior kondilus mandibula. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan informasi tambahan dalam khasanah Antropologi Ragawi.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP 47/08 Chu p
Uncontrolled Keywords: Kondilus mandibula; Tengkorak manusia; Penentuan jenis kelamin
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ31-64 Sex instruction and sexual ethics
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
An'nissa Chusida, drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 20 Sep 2016 10:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item