PERBANDINGAN ANTARA HASIL PEMBELANJARAN ELEKTRONIK DAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL : Studi Kasus pada Mata Kuliah Reading IV di Program Studi D-III Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Airlangga

Deny Arnos Kwary, S.S., M.Hum. and Dewi Meyrasyawati, S.S. (2006) PERBANDINGAN ANTARA HASIL PEMBELANJARAN ELEKTRONIK DAN PEMBELAJARAN TRADISIONAL : Studi Kasus pada Mata Kuliah Reading IV di Program Studi D-III Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Airlangga. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-kwarydenya-6593-kkbkk--k.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-kwarydenya-6593-lp4808-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan utama untuk mengetahui kelayakan penerapan proses pembelajaran elektronik dalam meningkatkan hasil pembelajaran jika dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Penelitian ini berfokus pada kemampuan mahasiswa dalam memahami teks berbahasa Inggris, yang berkaitan erat dengan mata kuliah salah satu mata kuliah keterampilan berbahasa, yaitu Reading. Percontoh dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi D-III Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Airlangga, yang mengikuti mata kuliah Reading IV, dari kelompok A dan B. JumlaHnya adalah 40 responden. Langkah awal dalam mengumpulkan data adalah meminta setiap responden untuk memilih salah satu dari dua metode pembelajaran, elektronik atau tradisional. Selanjutnya peneliti memberikan ujian awal ke semua responden. Setelah itu, kedua kelompok diberi perlakuan yang berbeda. Kelompok pertama mengikuti pembelajaran elektronik, sedangkan kelompok yang kedua mengikuti pembelajaran tradisional. Proses pembelajaran tersebut berlangsung selama enam minggu, dan ditutup dengan ujian akhir. Hasil ujian awal dan ujian akhir para responden kemudian dianalisis dengan menggunakan minus arithmetic mean `rerata aritmetika. Selain itu, tingkat signifikansi perbedaan antara nilai hasil pembelajaran elektronik dan pembelajaran tradisional dihitung dengan menggunakan minus uji-T, dengan tingkat signifikansi 95%. Dari hasil analisis kuantitatif, dapat diketahui bahwa kedua metode pembelajaran, baik tradisional maupun elektronik, berhasil meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami bacaan bahasa Inggris. Kelompok tradisional mencapai peningkatan sebesar 8,69, sedangkan kelompok elektronik mencapai peningkatan sebesar 3,86. Akan tetapi, hasil Uji-T menunjukkan bahwa peningkatan hasil ujian dari kelompok tradisional terbukti signifikan, sedangkan peningkatan yang dicapai oleh kelompok elektronik ternyata tidak signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran tradisional lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami bacaan bahasa Inggris, daripada proses pembelajaran elektronik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa mahasiswa program studi D-III Bahasa Inggris masih perlu mengikuti kuliah tradisional untuk mata kuliah Reading. Proses pembelajaran elektronik atau e-/earning terbukti tidak seefektif kelas tradisional. Tingkat ketergantungan mahasiswa ke dosen masih cukup tinggi. Para mahasiswa masih memerlukan penjelasan secara langsung dan interaksi dengan dosen dan mahasiswa lainnya. Kalaupun program e-learning memang ingin diterapkan, program tersebut sebaiknya diterapkan sebagai tambahan dari kelas tradisional. Dengan demikian, waktu belajar dari para mahasiswa menjadi lebih tinggi, sehingga peningkatan kemampuan mereka dalam bahasa Inggris tentu akan semakin cepat. Variasi lainnya adalah mengintegrasikan program e-learning dengan kelas tradisional. Dari hasil wawancara dengan para mahasiswa, dapat diketahui bahwa mereka berharap tetap bisa mengikuti kuliah tradisional di sela-sela kuliah elektronik.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 48/08 Kwa p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Elektronik; tradisional; Reading
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General)
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Deny Arnos Kwary, S.S., M.Hum.UNSPECIFIED
Dewi Meyrasyawati, S.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 19 Sep 2016 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42829
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item