EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (SIPPADU) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN DI BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BPPT) KABUPATEN SIDOARJO

MAYLINA NURWINDIARTI, 071211131011 (2016) EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (SIPPADU) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN DI BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU (BPPT) KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.29-16 Nur e-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Sidoarjo merupakan kabupaten pertama yang menyelenggarakan pola pelayanan terpadu pada pelayanan perizinan. Dengan semakin berkembangnya kebutuhan akan transparansi informasi dan teknologi, maka Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo membentuk Sistem Informasi Pelayanan Perijinan Terpadu (SIPPADU) berbasis jaringan online untuk memudahkan serta mempercepat proses pelayanan. Yang melatarbelakangi terbentuknya sistem ini adalah keterbatasan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada dengan jumlah perizinan yang ditangani. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana efektivitas SIPPADU dalam meningkatkan pelayanan di BPPT Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo. Penentuan Informan dilakukan dengan metode snowball sampling. Untuk mendapatkan kedalaman data maka pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kemudian dianalisis melalui reduksi data untuk kemudian diambil kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa informasi yang diberikan pada SIPPADU dapat diakses setiap saat dimana saja baik oleh pihak internal BPPT maupun pemohon izin. Informasi yang disajikan berupa informasi pra pelayanan, pada saat pelayanan, dan pasca layanan. Maka dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Pelayanan Perijinan Terpadu (SIPPADU) efektif dalam meningkatkan kualitas pelayanan perizinan di BPPT Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.29/16 Nur e
Uncontrolled Keywords: efektivitas, sistem informasi, pelayanan perizinan, kualitas pelayanan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MAYLINA NURWINDIARTI, 071211131011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas Supramudyo, Drs., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 08 Sep 2016 05:57
Last Modified: 18 Jun 2017 17:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item