Pengaruh struktur corporate governance, kualitas audit, kualitas pengungkapan dan political cost terhadap manajemen laba serta respon pasar pada perusahaan publik industri non keuangan di Indonesia

MUHAM.MAD MIQDAD (2013) Pengaruh struktur corporate governance, kualitas audit, kualitas pengungkapan dan political cost terhadap manajemen laba serta respon pasar pada perusahaan publik industri non keuangan di Indonesia. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-miqdadmuha-27273-lp.07-13-p.pdf

Download (523kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengacu pada tiga teori utama (grand theories) teori keagenan (agency theory), signaling theory dan teori akuntansi positif (positve accounting theory). Tujuan dari peneltian ini adalah untuk mengkaji: 1) pengaruh struktur corporate governance, kualitas audit, kualitas pengungkapan dan political cost (diproksi dengan nilai aset perusahaan) terhadap manajemen laba, 2) pengaruh manajemen laba terhadap earnings response coe.fficient (ERe), dan 3) pengaruh manajemen laba terhadap volume perdagangan saham. Jumlah sampeJ dalam studi ini adalah 122 perusahaan publik industri non keuangan di Indonesia dari tahun 2006-2010. Model penelitian ini adalah tennasuk anaJisis jalur (path analysis). Data penelitian diolah dengan menggunakan program Statistical Package for Social Science (SPSS) dan Analysis Moment of Structure (AMOS). HasH peneltian ini menunjukkan bahwa kepemilikan institusi, kepemilikan manajemen, ukuran dewan komisaris, kualitas pengungkapan dan ukuran perusahaan adalah sebagai variabelvariabel yang berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Proporsi dewan komisaris independen (PDKI) dan kualitas audit adalah variabel yang tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. T emu an utama dari studi ini adalah praktik manajemen laba sebagai suatu sinyal tidak direspon oleh pasar (investor atau calon investor), yang ditunjukkan dengan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap ERe dan volume perdagangan saham (trading volume activity).

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.07/13 Miq p FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: Manajemen laba, earnings response coefficient (ERe), volume perdagangan saham (trading volume activity), struktur corporate governance, kualitas audit, kualitas pengungkapan (disclosure), political cost.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
MUHAM.MAD MIQDADUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 28 Oct 2016 23:10
Last Modified: 28 Oct 2016 23:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item