Pembentukan karakter bangsa (Nation Character Building) melalui sastra anak

Titien Diah soelistyarini, S.S., M.Si and Retno Wulandari 5etyaningsih, S.S., M.Si and Usma Nur Dian Rosyidah, S.S., M.A. (2012) Pembentukan karakter bangsa (Nation Character Building) melalui sastra anak. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-soelistyar-27378-lp.51-13-p.pdf

Download (664kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengekspJorasi peran karya sastra anak dalam pembentukan karaRter bangsa untuk pendidikan usia dini pada tingkat Taman Kanakkanak dan Sekolah Dasar (kelas 1-3). Dengan menggunakan metode observasi, survei dan kajian pustaka diperoleh kesimpulan bahwa karya sastra dan kegiatan bercerita belum dimanfaatkan secara optimal dalam pendidikan karakter. Permasalahan yang muncul adalah model pembelajaran yang digunakan cenderung bersifat otonomi dan mengutamakan ranah kognitif, padahal pembelajaran karakter seharusnya menyentuh ranah afektif. Oleh karena itu ditawarkan panduan pemilihan buku cerita dan model pembelajaran integratif yang dapat dijadikan salah satu acuan bagi pendidik untuk menerapkan pendidikan karakter melalui sastra anak di sekolah-sekolah. Uji coba terhadap model yang dihasilkan menunjukkan keberterimaan model panduan pemanfaatan cerita anak dalam pendidikan karakter di Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar. Namun demikian, keberhasilan implementasi model panduan ini sangat ditentukan oleh peran guru yang sangat dominan mengingat guru dituntut memiliki kemampuan bercerita yang baik agar cerita anak dan nilai karakter yang termuat di dalamnya dapat tersampaikan kepada anak didik. Di samping itu, dukungan dari sekolah dan lingkungan sekitar serta orang tua turut menentukan keberhasilan pendidikan karakter itu sendiri.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.51/13 Soe p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: childrenS literature, national character building, early childhood education, instructional model
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Titien Diah soelistyarini, S.S., M.SiUNSPECIFIED
Retno Wulandari 5etyaningsih, S.S., M.SiUNSPECIFIED
Usma Nur Dian Rosyidah, S.S., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 28 Oct 2016 21:39
Last Modified: 28 Oct 2016 21:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43124
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item