Potensi alga coklat (Phaeophyta) sebagai bahan cetak di bidang kedokteran gigi

Prihartini Widiyanti, Dr., drg, M.Kes and Siswanto, Drs., M.Si (2013) Potensi alga coklat (Phaeophyta) sebagai bahan cetak di bidang kedokteran gigi. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-widiyantip-32726-3.ringka-n.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya biaya kesehatan di Indonesia salah satunya disebabkan o/eh tingginya biaya material yang digunakan di bidang kedokteran. Di bidang kedokteran gigi, material eetak . merupakan bahan yang eukup penting dibutuhkan dalam proses pembuatan gigi tiruan. Indonesia sebagai negara dengan biodiversitas yang ketiga tertinggi di dunia memiliki kekayaan sLlmber daya alam yang melimpah. Turbinaria dan Phaeophyla merupakan eontol1 jenis alga coklat tersedia di Indonesia. Ketersediaan alginat sebelumnya didapatkan dari luar negeri (import). Aiginat sendiri merupakan suatu bahan yang terkandung dalalll alga coklat yang melimpah di perairan Indonesia yaitu Sargassum sp. Penelitian ini bertujuan mcnggali potensi alga cokl~lt sebagai bahan eetak gigi berbahan dasar natrium alginal dan menguji sifat fisis berupa lisik (porositas, densitas, viskositas, XRD), mekanis (kekuatan tekan), komposisi (FTIR), kadar air. reproduksi detail garis, setting time, struktur mikro (SEM) dan uj i sitotoksisitas bahan eetak sehingga akan diperoleh bahan eetak yang memenuhi semua standarisasi sebagai bahan eetak yang digunakan dalam aplikasi kl inis di bidang Kedokteran Gigi.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.28/13 Wid p
Uncontrolled Keywords: Bahan cetak gigi, natrium alginate, sifat fisik, mekanis dan sitotoksisitas
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH388.7-391.5 Algae culture
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Prihartini Widiyanti, Dr., drg, M.KesUNSPECIFIED
Siswanto, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 30 Oct 2016 17:35
Last Modified: 30 Oct 2016 17:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43152
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item