Efektifitas Krioprotektan Selama Proses Pembekuan Spermatozoa Dengan metode Rapid Frezing Terbadap Gambaran sekuen Asam Amino Semen Sapi Beku Post Tbawing

Trilas Sardjito, 2011 (2011) Efektifitas Krioprotektan Selama Proses Pembekuan Spermatozoa Dengan metode Rapid Frezing Terbadap Gambaran sekuen Asam Amino Semen Sapi Beku Post Tbawing. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
gdlhub-gdl-res-2013-sardjitotr-27688-lp04-12-e.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi teIjadinya mutasi ( kerusakan) DNA pada spennatozoa akibat proses pembekuan dengan mengoptimalkan peran krioprotektan. Meningkatkan angka fertilitas temak besar dan populasi temak ruminasia melalui program inseminasi buatan. Melalui kajian penelitian molekuler dimaksudkan dapat meningkatkan viabilitas dan kualitas semen beku untuk keperluan inseminasi buatan. Manfaat penelitian ini adalah dengan mengetahui efektivitas krioprotektan terhadap tingkat kerusakan yang ditimbulkan pada DNA spennatozoa sehingga dapat meningkatkan kualitas dari semen beku .. Penelitian ini penting mengingat pembekuan spennatozoa merupakan bagian dari proses penyimpanan spennatozoa untuk keperluan inseminasi buatan. Dewasa ini hasil inseminasi buatan beh!I11 mampu menopong percepatan perkembangan ternak, teIjadinya kegagalan pembuahan masih sering dijumpai dilapangan. Ha! ini dapat dilihat dari angk<: kebuntingan setelah dilakukan inseminasi buatan. Banyak faktor yang menyebabkan kegagCllan kebuntingan salah satunya kualitas semen beku akibat prosesing spennatozoa. Penelitian !ni meliputi pengukuran motilitas, viabilitas dan konselltrasi spennatozoa sapi setelah mengalami proses pemb~kuan, Pemeriksaan integritas membran spennotazoa sapi dengan metode Hypoosmotic Swelling Test, Isolasi DNA (NucleoSpin DNA II), Visualisasi RNA dengan menggunakan agarosa I % , Elektroforesis gel agarosa, Kuantifikasi konsentrasi DNA dengan menggunakan spektrofotometer, pemeriksaan mutasi DNA dengafl RT peR. Keluaran yang dihasilakan dari penditian ini adalah m~ngidentif:kasi kerusak:m DNA pada semen beku sehingga dapat mengoptima!isasi produksi semEn beku.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 04/12 Sar e
Uncontrolled Keywords: cryoprotectant, rapid freezing, DNA mutation, spermatozoa
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR1-502 Microbiology
Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Trilas Sardjito, 2011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:13
Last Modified: 09 Sep 2016 07:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item