PRODUKSI SENYAWA BIOAKTIF ANTIMIKROBA PADA Dumortiera hirsuta DENGAN BIOTEKNOLOGI KULTUR JARINGAN: IDENTIFIKASI SENYAWA BIOAKTIF ANTIMIKROBA PADA LUMUT HATI (Dumortiera hirsuta)

Junairiah, 2011 (2011) PRODUKSI SENYAWA BIOAKTIF ANTIMIKROBA PADA Dumortiera hirsuta DENGAN BIOTEKNOLOGI KULTUR JARINGAN: IDENTIFIKASI SENYAWA BIOAKTIF ANTIMIKROBA PADA LUMUT HATI (Dumortiera hirsuta). UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (COVER)
gdlhub-gdl-res-2013-junairiah-27691-lp09-12-p.pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lumut hati Dumortiera hirsuta berpotensi sebagai penghasil antimikroba. Kendala lumut hati untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku antimikroba adalah ketersediaannya yang terbatas dan belum diungkapnya teknologi budidaya sampai proses menghasilkan bahan aktif. Pemanfaatan bioteknologi kultur kalus diharapkan dapat membantu dalam penyediaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis eksplan lumut hati yang dapat digunakan untuk induksi kalus, mengetahui berapa konsentrasi zat pengatur tumbuh 2,40 yang sesuai untuk induksi dan pertumbuhan kalus pada kultLir lumut hati D. Hirsuta, dan mengetahui kandungan bioaktif ekstrak kalus dengan penarnbahan prekursor. Metode penelitian dilakukan dengan menanam eksplan gametofit muda dan dewasa pada medium Murashige dan Skoog dengan zat pengatur tumbuh 2,40 pada konsentrasi 1, 2, 3, 4, 5 mg/L. Data yang diperoleh berupa waktu induksi kalus, persentase eksplan membentuk kalus, dan bobot kalus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksplan gametofit muda dan dewasa mampu menginduksi kalus pada medium dengan zat pengatur tumbuh 2,4 0 pada semua konsentrasi kecuali kontrol Kandungan bioaktif ekstrak kalus dengan penambahan prekLirsor adalah terpenoid.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 09/12 Jun p
Uncontrolled Keywords: antimicrobial bioactive compounds Dumortiera hirsuta
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Junairiah, 2011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDIPA UNIVERSITAS AIRLANGGA, DIPA UNIVERSITAS AIRLANGGAUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:02
Last Modified: 09 Sep 2016 07:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43226
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item