POTRET POLITISI WANITA : STUDI TENTANG MOTIVASI, SIKAP, ASPIRASI DAN ORIENTASI POLITIK ANGGOTA LEGISLATIF WANITA

ARIBOWO, Drs., MS. (1994) POTRET POLITISI WANITA : STUDI TENTANG MOTIVASI, SIKAP, ASPIRASI DAN ORIENTASI POLITIK ANGGOTA LEGISLATIF WANITA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-aribowo-30697-3.ringk-n.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ARIBOWO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ~leh adanya fenomena semakin maraknya keterlibatan wanita dalam organisasi politik. Wanita tidak lagi hanya berperan sebagai ibu rumah tangga yang menjalankan fungsi reproduksi, mengurus anak dan suami atau pekerjaan-pekerjaan domestik lainnya, tetapi sudah mulai aktif berperan di berbagai bidang kehidupan sosial, ekonomi maupun politik. Bahkan, keterlibatan wanita di bidang politik semakin lama semakin meningkat. Penelitian ini menggambarkan potret politisi wanita yang tergambar dari sikap-, motivasi, aspirasi dan orientasi politiknya. Lokasi penelitian seeara purposive ditunjuk di kota Surabaya. Sementara itu, populasinya adalah politisi wanita yang sedang dan pernah menjadi anggota legislatif, baik DPRD Pusat, DPRD Tk I, maupun DPRD Tk II yang bertempat tinggal di Surabaya. Terdapat 30 responden yang dijadikan sampel dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan pemanfaatan data sekunder. Dari hasil temuan data dan uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa keterlibatan wanita dalam kehidupan politik baru ~igeluti ketika sudah menginjak usia dewasa. Kebanyakan -a ng gota legislatif wanita yang diteliti misalnya, mengaku baru tertarik pada persoalan-persoalan politik setelah berumur di alas 35 tahun. Begitu juga keterlibatan mereka pada dunia politik, baru terjadi ketika berumur di atas 35 tahun.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 329 Pot 2
Uncontrolled Keywords: POLITISI WANITA
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
ARIBOWO, Drs., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Sep 2016 04:43
Last Modified: 18 Jun 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43299
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item