ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN EKSTERNAL DAN INTERNALTERHADAP PENERAPAN ORGANISASI BELAJAR (Kasus pada Perusahaan-perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jawa Timur)

AGUS WIDODO MARDIJUWONO, Drs., M.Si., Ak and WIDI HIDAYAT, Drs. H., M.Si., Ak and I Made Narsa, Prof. Dr., SE., M.Si., Ak., CA and Ec. WINDIJARTO, Drs. , MBA and Ec. HERMAWANTO, Drs. M. Sc., MBA (1998) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN LINGKUNGAN EKSTERNAL DAN INTERNALTERHADAP PENERAPAN ORGANISASI BELAJAR (Kasus pada Perusahaan-perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jawa Timur). LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat inferensial, dilaknkan di Jawa Timur pada perusahaan-perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (BUMN) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dengan tujuan untuk (1) mendapatkan bukti empirik tentang pengaruh perubahan lingkungan eksternal dan internal (yaitu: revolusi informasi dan komunikasi, pembentukan biok-blok ekonomi, kebijaksanaan deregulasi, kebijaksanaan debirokratisasi, perubahan struktur pasar dari sellers market ke buyers market, gerakan lembaga swadaya masyarakat, inovasi teknologi produk dan proses, tingkat persaingan di pasar domestik, tingkat persaingan di pasar luar negeri, preferensi konsumen, reformasi ekonomi, reformasi politik:, tingkat inflasi, tipe kepemimpinan manajemen, tingkat pendidikan para anggota organisasi, ikum organisasi, sistem informasi manajemen, sistem pengendalian manajemen dan tingkat loyalitas anggota organisasi) terhadap penerapan organisasi belajar. (2) mengetahui besamya pengaruh masing-masing indikator perubahan lingkungan eksterna1 dan internal tersebut terbadap penerapan organisasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah perusabaan PMDN dan BUMN di Jawa Timur, yang berjumlah 426 perusahaan. Dengan menggunakan metode pengambilan sampel dua tahap dengan teknik judge mental besarnya sampel adalah 30 perusabaan. Dari jumlah tersebut data kuesioner yang masuk hanya berasal dari 25 perusabaan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden melalui enumerator, dan juga melalui dokumentasi di kantor Ginsi dan Bapeksta Jatim. Sedangkan data diolah dengan menggunakan statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda. Dari hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Seara simultan, perubahan lingkungan eksternal dan internal seperti revolusi informasi dan komunikasi,

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 330.9 Mar a
Uncontrolled Keywords: lingkungan ekternal, perubahan, organisasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
AGUS WIDODO MARDIJUWONO, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
WIDI HIDAYAT, Drs. H., M.Si., AkUNSPECIFIED
I Made Narsa, Prof. Dr., SE., M.Si., Ak., CAUNSPECIFIED
Ec. WINDIJARTO, Drs. , MBAUNSPECIFIED
Ec. HERMAWANTO, Drs. M. Sc., MBAUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
AuthorAgus WIdodo MardijuwonoUNSPECIFIED
AuthorWIDI HIDAYAT, M.Si., AkUNSPECIFIED
AuthorI Made Narsa, NIDN0027066503UNSPECIFIED
AuthorEc. WINDIJARTO, Drs. , MBAUNSPECIFIED
AuthorEc. HERMAWANTO, Drs. M. Sc., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 21 Sep 2016 08:48
Last Modified: 21 Sep 2016 08:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43735
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item