PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DINAS PENGELOLAAN BANGUNAN DAN TANAH TERHADAP KEPUASAN PENYEWA RUSUNAWA WARUGUNUNG KARANGPILANG KOTA SURABAYA

RIA IMAROTUZ ZAHRO, 071211133035 (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DINAS PENGELOLAAN BANGUNAN DAN TANAH TERHADAP KEPUASAN PENYEWA RUSUNAWA WARUGUNUNG KARANGPILANG KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.68-16 Zah p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah susun Warugunung merupakan Rumah susun dengan warga berpenghasilan rendah yang dikelola oleh Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah. Letaknya berada di sekitar batas kota dekat kawasan industri, sehingga jangkauan pelayanan cukup jauh dari pusat kota. Akibatnya, keadaannya kurang diperhatikan. Banyak warga rusunawa merasa kurang puas atas pelayanan yang diberikan Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah, seperti manajemen dalam pemeliharaan yang kurang, adanya fenomena mafia di rusunawa, permainan sewa diatas sewa sehingga berdampak pada pembangunan rusunawa bagi masyarakat bawah tidak tercapai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas pelayanan Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah terhadap Kepuasan Penyewa Rusunawa Warugunung Karangpilang Kota Surabaya, untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan Variabel (X) yaitu Kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangibles, Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Variabel (Y) Kepuasan penyewa. Metode dalam penelitian ini adalah eksplanatif survey dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dengan teknik kuesioner, observasi, dan penelusuran online. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Penyewa sebesar 52,3%, Dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas layanan perlu adanya peningkatan seperti pembenahan fasilitas rusunawa, ketanggapan petugas dan keamanan pada lingkungan rusunawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.68/16 Zah p
Uncontrolled Keywords: rumah susun, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, pelayanan publik
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3476-3560 Public property. Public restraint on private property
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
RIA IMAROTUZ ZAHRO, 071211133035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBintoro Wardiyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 09 Sep 2016 06:53
Last Modified: 20 Jun 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44028
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item