PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN KOTA SUMENEP KABUPATEN SUMENEP

Panji Cahya Gumilar, 071111030 (2016) PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN KOTA SUMENEP KABUPATEN SUMENEP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.71-16 Gum i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan Kota Sumenep berdasarkan tipologi, level, dan kategori inovasi serta mengetahui apa saja faktor- faktor kritis pengembangan inovasi PATEN di Kecamatan Kota Sumenep. Latar belakang penelitian ini adalah best practice yang ditunjukkan oleh Kecamatan Kota Sumenep dalam mengimplementasikan PATEN. Best practice tersebut terwujud dalam serangkaian penghargaan yang diterima Kecamatan Kota Sumenep di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Teori-teori pada penelitian ini menggunakan teori dari Khairul Muluk untuk tipologi inovasi dan faktor-faktor kritis pengembangan inovasi di sektor publik, teori dari Mulgan dan Albury untuk level inovasi, serta teori dari Cristensen dan Laergreid untuk kategori inovasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan tipe penelitian adalah deskriptif. Lokasi penelitian adalah kantor Kecamatan Kota Sumenep dan di tempat lain yang relevan. Teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis data deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini antara lain PATEN di Kecamatan Kota Sumenep berdasarkan tipologi inovasi termasuk dalam inovasi desain layanan, inovasi proses, inovasi metode, inovasi strategi / kebijakan, dan inovasi sistem. Berdasarkan level inovasi, PATEN di Kecamatan Kota Sumenep termasuk level radikal. Berdasarkan kategori inovasi, PATEN di Kecamatan Kota Sumenep termasuk kategori discontinues innovation. Faktor-faktor kritis pengembangan inovasi PATEN di Kecamatan Kota Sumenep yaitu kepemimpinan yang mendukung inovasi, pengembangan budaya organisasi yang mendukung inovasi, pengembangan pengetahuan dan keahlian pegawai, pengembangan tim kerja, orientasi pada kinerja yang terukur, dan pengembangan jaringan inovasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.71/16 Gum i
Uncontrolled Keywords: inovasi dan pelayanan publik
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3400-3431 Administrative law > K3402-3417 The administrative process
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Panji Cahya Gumilar, 071111030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErna Setijaningrum, Dr., S.I.P., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:17
Last Modified: 09 Sep 2016 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44031
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item