ANALISIS HUBUNGAN PERSEPSI COUNTRY OF ORIGIN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR DI SURABAYA

Erwin Rifai Dwicaksono, 040023338 E (2007) ANALISIS HUBUNGAN PERSEPSI COUNTRY OF ORIGIN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-dwicaksono-8928-b4508-k.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (fulltext)
4414.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam membeli produk tertentu konsumen sering mempertimbangkan merek dan label dari negara asal pembuatnya (Country of Origin). Sikap yang diambil konsumen tersebut didasari keyakinan bahwa asal negara pembuat produk merupakan jaminan dari kualitas, harga, ataupun model. Segala pertimbangan mengenai Country of Origin dilakukan konsumen dalam memutuskan pembelian sepeda motor. Terdapat 3 aspek yang mendasari pemikiran mengenai Country of Origin (COO) yaitu General Country Attitude (GCA) (sikap atas negara secara keseluruhan), General Product Attitude (GPA) (sikap atas produk secara keseluruhan), dan Specific Product Attitude (SPA) (sikap atas produk secara khusus). Berdasarkan latar belakang permasalahan yang dikemukakan tersebut, maka menarik untuk mengangkat suatu permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut : "Apakah terdapat hubungan dari variabel country of origin yang terdiri dari General Country Attitude (GCA) (sikap atas negara secara keseluruhan), General Product Attitude (GPA) (sikap atas produk secara keseluruhan), dan Specific Product Attitude (SPA) (sikap atas produk secara khusus) dengan keputusan pembelian konsumen khususnya pada sepeda motor buatan Cina dan Jepang di Surabaya?" Populasi dalam penelitian ini adalah pemilik sepeda motor buatan Cina dan Jepang dengan jumlah sampel sebesar 200 responden dan dianalisis dengan menggunakan alat statistik crosstab (Tabulasi silang). Hasil penelitian menunjukkan: 1. Berdasarkan nilai Chi square diketahui bahwa variabel country of origin yang terdiri dari General Country Attitude (GCA) (sikap atas negara secara keseluruhan), General Product Attitude (GPA) (sikap atas produk secara keseluruhan), dan Specific Product Attitude (SPA) (sikap atas produk secara khusus) mempunyai hubungan signifikan dengan keputusan pembelian konsumen khususnya pada sepeda motor buatan Cina dan Jepang di Surabaya. 2. Hipotesis penelitian yang menyatakan,"Terdapat hubungan dari variabel country of origin yang terdiri dari General Country Attitude (GCA) (sikap atas negara secara keseluruhan), General Product Attitude (GPA) (sikap atas produk secara keseluruhan), dan Specific Product Attitude (SPA) (sikap atas produk secara khusus) dengan keputusan pembelian konsumen khususnya pada sepeda motor buatan Cina dan Jepang di Surabaya.", diterima. 3. Berdasarkan penilaian rata-rata pemilik sepeda motor Jepang dan pemilik sepeda motor Cina menunjukkan bahwa COO negara Jepang lebih tinggi daripada negara Cina. Berarti bahwa pemilik sepeda motor Jepang dalam memutuskan pembelian sepeda motor Jepang mempertimbangkan COO, sementara COO negara Cina kurang dipertimbangkan dalam pembelian sepeda motor buatan Cina oleh pemilik sepeda motor Cina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 45/08 Dwi a
Uncontrolled Keywords: DECISION MAKING; CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Erwin Rifai Dwicaksono, 040023338 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 19 Jan 2009 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 01:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4414
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item