Maya Marliana, 049916288 (2007) PERSEPSI MURID TERHADAP TIPE KEPEMIMPINAN SERVANT LEADERSHIP GURU DAN PENGARUHNYA PADA PERILAKU BELAJAR MURID (Studi Kasus di SMU Negeri 5 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-marlianama-8935-b4308-k.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (fulltext)
4416.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel-variabel dalam karakter servant-leadership guru, yaitu values people, develops people, builds community, displays authenticity, provides leadership dan shares leadership, terhadap perilaku belajar murid. Populasi penelitian ini adalah murid kelas 1 dan kelas 2 SMA Negeri 5 Surabaya. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah convinience sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sejumlah 256 sampel. Alat uji yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 12. Hasil yang didapatkan dari penelitian mendukung hipotesis pertama yakni adanya pengaruh signifikan dari variabel-variabel servant-leadership guru, yaitu values people, develops people, builds community, displays authenticity, provides leadership dan shares leadership, secara bersama-sama terhadap perilaku belajar murid. Untuk hipotesis kedua, hasil penelitian ini tidak mendukung hipotesis yakni adanya pengaruh signifikan dari seluruh variabel-variabel servant-leadership guru secara parsial atau individu terhadap perilaku belajar murid. Hanya variabel develops people dan provides leadership saja yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku belajar murid, sedangkan variabel yang berpengaruh tidak signifikan adalah values people, builds community, displays authenticity dan shares leadership.
Actions (login required)
View Item |