RANCANG BANGUN AUTOMATIC SCANNING MICROSCOPE BERBASIS INTELLIGENT SYSTEMS UNTUK DIAGNOSA Mycobacterium tuberculosis SECARA AKURAT

Riries Rulaningtyas, S.T., M.T and Andriyan Bayu Suksmono, Prof., Dr., Ph.D and Franky Chandra, S.T., M.T and Winarno, S.Si., M.T (2013) RANCANG BANGUN AUTOMATIC SCANNING MICROSCOPE BERBASIS INTELLIGENT SYSTEMS UNTUK DIAGNOSA Mycobacterium tuberculosis SECARA AKURAT. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-suksmonoan-32693-3.ringka-.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-suksmonoan-32693-19full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

pasien dilakukan oleh petugas laboratorium yang ada di puskesmas dengan menggunakan mikroskop cahaya (optik) dan melakukan penghitungan jumlah bakteri TB secara manual dengan melakukan scanning lapang pandang mikroskop sebanyak 100 kali secara manual pula, sedangkan jumlah pasien yang diduga menderita penyakit TBC sangat banyak. Beban kerja berlebih dan faktor lelah manusia yang dimiliki petugas laboratorium akan mempengaruhi error rate diagnosa penyakit TBC. Untuk itulah dibutuhkan suatu alat diagnosa yang cepat dan akurat, supaya pengobatan dapat dengan segera dilakukan, agar tidak cepat menyebar penularan TBC dan juga menghindari adanya kesalahan diagnosa yang merugikan pasien. Untuk membantu petugas laboratorium dan dokter dalam mengidentifikasi bakteri TB melalui pemeriksaan mikroskopis dahak pasien, maka penelitian ini memodifikasi mikroskop cahaya yang biasa digunakan di puskesmas menjadi mikroskop yang dapat melakukan scanning lapang pandang secara otomatis dan sistem diagnosa otomatis yaitu perhitungan jumlah bakteri TB setiap lapang pandang dan penentuan grade penyakit TBC yang semuanya dilakukan oleh komputer. Untuk membangun system diagnose Mycobacterium tuberculosis ini, mikroskop cahaya yang biasa dipakai di Puskesmas dimodifikasi penggerak lapang pandang yang awalnya secara manual menjadi gerak scanning otomatis yang dilakukan oleh motor stepper yang dikendalikan oleh mikrokontroler dan pengendalian terpusatnya oleh komputer. Sehingga 100 lapang pandang yang harus diobservasi oleh petugas klinis di Puskesmas akan menjadi terbantukan dengan adanya sistem scanning otomatis ini, bahkan automatic scanning microscope yang telah dihasilkan mampu melakukan scanning lapang pandang lebih dari 100 kali, yaitu dapat mencapai 300 lapang pandang mikroskop, sehingga area dari slide yang akan diobservasi menjadi semakin luas, sehingga dapat meningkatkan keakurasian dari diagnosa.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.20/13 Rul r
Uncontrolled Keywords: automatic scanning, diagnosa, rancang bangun
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Riries Rulaningtyas, S.T., M.TUNSPECIFIED
Andriyan Bayu Suksmono, Prof., Dr., Ph.DUNSPECIFIED
Franky Chandra, S.T., M.TUNSPECIFIED
Winarno, S.Si., M.TUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWin Darmanto, Prof. Dr., ., M.Sc., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Oct 2016 07:58
Last Modified: 20 Jun 2017 18:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item