Kloning 3-Ketosteroid 1-Dehidrogenase Mycobacterium tuberculosis, Target Baru Pengobatan Tuberkulosis, dan Ekspresinya dalam Escherichia coli

Ali Rohman, 0008076802 (2013) Kloning 3-Ketosteroid 1-Dehidrogenase Mycobacterium tuberculosis, Target Baru Pengobatan Tuberkulosis, dan Ekspresinya dalam Escherichia coli. F.SAINTEK, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ancaman terhadap kesehatan manusia oleh tuberkulosis (TB), penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis (Mtb), akhirakhir ini semakin meningkat. Selain karena Mtb mampu bertahan hidup untuk jangka waktu lama dalam tubuh penderita, hal ini juga disebabkan oleh munculnya Mtb galur baru yang resisten terhadap obat-obatan yang tersedia. Ketahanan hidup Mtb dalam tubuh penderita berkaitan erat dengan kemampuan bakteri tersebut menguraikan kolesterol sebagai sumber karbon dan energi. Untuk keperluan penguraian kolesterol, Mtb mengekspresikan enzim-enzim pengurai kolesterol, diantaranya adalah 3-ketosteroid 1- dehidrogenase (1-KSTD-tb). Baru-baru ini kami berhasil menentukan struktur tiga dimensi (3D) homolog enzim tersebut dari Rhodocococcus erythropolis SQ1 (1-KSTD1). Pada penelitian ini, gen penyandi 1-KSTD-tb dari Mtb isolat lokal akan dikloning dan diekspresikan dalam Escherichia coli. Pada penelitian berikutnya, struktur 3D 1-KSTD-tb akan dibangun berdasarkan struktur 3D 1- KSTD1 serta digunakan untuk skrining dan merancang senyawa-senyawa substrate-analog yang potensial bersifat inhibitor terhadap 1-KSTD-tb. Hasil penelitian ini akan dipakai untuk menguji kemampuan substrate-analog tersebut menginhibisi reaksi yang dikatalisis oleh 1-KSTD-tb secara in vitro. Substrateanalog yang menunjukkan tingkat inhibisi tinggi akan diformulasikan dan diuji secara in vivo untuk menghambat pertumbuhan Mtb pada kultur, hewan coba, maupun relawan manusia. Rangkaian penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan obat baru yang efektif untuk mengobati TB termasuk galur Mtb yang resisten terhadap obat-obatan konvensional. Kata-kata Kunci:

Item Type: Other
Additional Information: KKC. KK. LP. 57 - 14 Roh k
Uncontrolled Keywords: Tuberculosis, Mycobacterium tuberculosis, 3-ketosteroid 1-dehidrogenase, inhibitor substrat-analog.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Ali Rohman, 0008076802UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 22 Sep 2016 02:45
Last Modified: 22 Sep 2016 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44431
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item