eksistensi bahasa daerah jawa di kalangan remaja kota etnis jawa (studi tentang pemakaian dan sikap remaja kota etnis jawa di surabaya terhadap bahasa daerah jawa)

Nur Wulan, Dra and Ni Wayan Sartini, Dra and Moch. Jalal, Drs and Puji Karyanto, Drs (1994) eksistensi bahasa daerah jawa di kalangan remaja kota etnis jawa (studi tentang pemakaian dan sikap remaja kota etnis jawa di surabaya terhadap bahasa daerah jawa). UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-wulannur-36631-3.ringka--.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F2WUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak ditetapkannya Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara pada tahun 1946. seJak itu pula fungsi-fungsi Bahasa Jawa pada bidang-bldang kedinasan. keilmuan. dan beberapa aspek kehidupan yang bersifat resml. mengalami penurunan. Bahasa Jawa sendiri difungsikan pada bidang-bidang yang beraifat tidak ream! Baja. Sementara J. tu ketatnya desakan Bahasa Indonesia dan beberapa bahas.. lain di kalangan !tnis Jawa perkotaan. Bahasa Jawa distnyalir oleh beberapa kalangan. telah mengalami penurunan elesistensi pada masyarakat tuturnya. Bahkan ada bj>berapa kal angan yang berpendapat. bahwa rnasyaraleat tutur Bahasa Jawa sebagian telah bersikap negatif. terutama kalangan generasi mUdanya. Penelitian in! akan mencoba menyimak bagaimanakah sebenarnya eksistensi B~hasa Jawa di kalangan remaJa Etnis Jawa KotamadyaSurabaya;, Pertanyaan utama yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah sejauh manakah perilaku komunikasi remaJa Kotamadya Surabaya dalam menggunakan Bahasa Jawa, dan sejauh manakah sikap mereka saat. in!.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2 LP 419.22 Eks
Uncontrolled Keywords: Bahasa - etnis
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Nur Wulan, DraUNSPECIFIED
Ni Wayan Sartini, DraUNSPECIFIED
Moch. Jalal, DrsUNSPECIFIED
Puji Karyanto, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 30 Oct 2016 17:51
Last Modified: 30 Oct 2016 17:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/44491
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item