PENERAPAN TARGET COSTING DAN VALUE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA UD. SEJATI MULIA DI SURABAYA

Ardhi, Abdul Rahman, NIM. 040418688 (2008) PENERAPAN TARGET COSTING DAN VALUE ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA UD. SEJATI MULIA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-ardhiabdul-10392-a10809-k.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-ardhiabdul-9800-a10809-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan yang sangat ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan semakin peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di pasar. Perusahaan dituntut untuk melakukan kegiatan operasionalnya secara efisien dan efektif serta menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen agar mampu bertahan bahkan memenangkan persaingan tersebut. Target costing merupakan solusi yang tepat untuk menjawab permasalahan yang terjadi. Dengan target costing dapat ditentukan biaya target (target cost), yang diperoleh dari harga pasar yang berlaku dikurangi dengan laba yang diinginkan. Untuk mencapai target costing perusahaan dapat menggunakan value analysis yaitu dengan mengidentifikasi aktivitas-aktivitasnya kedalam aktivitas bernilai tambah dan aktivitas tidak bernilai tambah. Penelitian yang dilakukan terhadap UD Sejati Mulia di Surabaya merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta yang berhubungan dengan penelitian seperti menentukan target cost serta melakukan value analysis. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa melalui penerapan target costing dengan value analysis dapat membantu perusahaan mencapai target cost. Untuk mencapai target cost perusahaan melakukan analisis aktivitas dengan mereduksi aktivitas yang tidak bernilai tambah dalam proses produksi hingga perusahaan mampu mencapai target cost yaitu sebesar Rp 3.185,00 per unit. Dengan demikian perusahaan dapat menurunkan harga jual dari Rp 3.650,00 menjadi Rp 3.550,00 per unit sehingga UD Sejati Mulia dapat meningkatkan daya saingnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A. 108/09 Ard p
Uncontrolled Keywords: TARGET COSTING
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Ardhi, Abdul Rahman, NIM. 040418688UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Nasih, Dr., SE., MT., Ak., CMAUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Jun 2009 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4513
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item