STRATEGI PEMASARAN HASIL LAUT NELAYAN DI PASAR DAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) DESA CAMPUREJO, KECAMATAN PANCENG, KABUPATEN GRESIK

KHUSNUL HAKIM, 071211731073 (2016) STRATEGI PEMASARAN HASIL LAUT NELAYAN DI PASAR DAN PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) DESA CAMPUREJO, KECAMATAN PANCENG, KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
50. FIS.ANT.49-16 Hak s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Profesi sebagai nelayan tergolong profesi yang penuh dengan resiko karena setiap saat harus menghadapi gangguan alam yang kerap kali terjadi di laut. Sebagian besar TPI/Tempat Pelelangan Ikan di Indonesia mangkrak di beberapa daerah namun PPI/Pangkalan Pendaratan Ikan di Desa Campurejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik masih berfungsi hingga sekarang. Kondisi PPI ini menarik untuk diteliti lebih lanjut, dengan rumusan masalah bagaimana pola kerja nelayan, kendala nelayan dan strategi nelayan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola aktivitas nelayan lautan bebas miyang dan strategi pemasaran hasil laut di PPI dengan perspektif Antropologi Maritim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode etnografi. Teknik penggalian data melalui observasi, wawancara mendalam kepada sembilan informan. Teknik analisis data secara kualitatif dengan teori strategi adaptasi dari J.W Bennet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola kerja nelayan lautan bebas payang dan korsen berbeda dalam waktu melaut/miyang dimana waktu melaut nelayan payang menghabiskan waktu sekitar 10 sampai 11 jam sedangkan nelayan korsen menghabiskan waktu sekitar 18 sampai 19 jam, alat penangkapan ikan, perahu, hasil laut yang diperoleh. Nelayan mengalami kendala dari lingkungan alam dan lingkkungan sosial. Strategi pemasaran hasil laut nelayan dengan menjual hasil laut di pasar dan PPI (melalui tengkulak) Desa Campurejo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.49/16 Hak s
Uncontrolled Keywords: Nelayan lautan bebas, kendala, strategi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
KHUSNUL HAKIM, 071211731073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Andriati, Dr.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 13 Sep 2016 05:58
Last Modified: 13 Jun 2017 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item