DAVID ROMANDHONA, 071211732014 (2016) PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA KOTA SURABAYA: PENGELOLAAN PARTISIPASI, POTENSI, DAN CITY BRANDING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (916kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
62. FIS.ANT.63-16 Rom p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudulPengembanganIndustri Pariwisata Kota Surabaya: PengelolaanPartisipasi, Potensi, danCity Branding merupakan sebuah penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapat pemahaman yang sifatnya umum dan menyeluruh terhadap keberadaan city branding “Sparkling Surabaya”. Penelitian dalam skripsi ini dimaksudkan untuk (1) mengetahui bentuk pengembangan industri pariwisata di Kota Surabaya, (2) mengetahui sumber-sumber potensi kepariwisataan yang dimiliki oleh Kota Surabaya sebagai penunjang pengembangan industri pariwisata, (3) mengetahui peran serta keterlibatan para stakeholder dalam pengembangan industri pariwisata di Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahapan yaitu tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dan dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam, dan selebihnya berasal dari data sekunder seperti buku, arsip, jurnal, maupun internet. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kota Surabaya memiliki banyak keunggulan (letak geografis yang strategis, potensi sumber daya pariwisata dan budaya yang banyak, infrastruktur pariwisata yang memadai) yang dapat dimanfaatkan dalam rangka mengemas dan mengembangkan industri pariwisatanya. (2) City branding “Sparkling Surabaya” dipilih sebagai tema sentral pengelolaan dan pengembangan industri pariwisata Kota Surabaya dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas dan pamor kepariwisataan Kota Surabaya. (3) Koordinasi, sinergi, dan konsistensi masih diperlukan lebih erat lagi oleh para stakeholder dalam menjalankan peranan sebagaimana fungsinya masing-masing demi mewujudkan tujuan yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.ANT.63/16 Rom p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | City Branding, Industri Pariwisata, Pengembangan, Peran, Potensi, Sparkling Surabaya, Stakeholder | ||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT165.5-169.9 City planning |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 14 Sep 2016 01:53 | ||||||
Last Modified: | 14 Jun 2017 16:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45204 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |