ADAPTASI MORFOLOGI HIDUNG PADA DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH (Studi Perbandingan Adaptasi Hidung pada Populasi Penduduk di Tengger Wonokerso, Kab. Probolinggo dan Populasi Mahasiswa FISIP, Universitas Airlangga di Surabaya)

Shaila Puspita Damayanti, 071211732015 (2016) ADAPTASI MORFOLOGI HIDUNG PADA DATARAN TINGGI DAN DATARAN RENDAH (Studi Perbandingan Adaptasi Hidung pada Populasi Penduduk di Tengger Wonokerso, Kab. Probolinggo dan Populasi Mahasiswa FISIP, Universitas Airlangga di Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
70. FIS.ANT.73-16 Dam a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perbedaan letak geografis pada setiap wilayah antara dataran tinggi dengan dataran yang rendah, menghasilkan perbedaan pada jenis adaptasi yang di hasilkan. Hidung merupakan bagian terluar pada morfologi tubuh manusia, yang menunjukkan hasil adaptasinya terhadap tekanan dari lingkungan yang ada. Hasil adaptasi pada Hidung di daerah ketinggian pada negara dengan iklim tropis memiliki bentuk adaptasi yang unik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membandingkan hasil adaptasi antara populasi dataran rendah (Surabaya) dengan populasi dataran tinggi (Tengger, Probolinggo). Dari penjelasan diatas, maka peneliti ingin menjelaskan apakah ada perbedaan morfologi hidung antara populasi dataran tinggi (Tengger, Probolinggo) dengan populasi dataran rendah (Surabaya). Metode yang digunakan adalah Somastoskopi dan Kefalometri. Hasil uji statistik pada somastokopi dan kefalometri menunjukkan adanya perbedaan pada sampel populasi Tengger, Probolinggo, bentuk lubang hidung, punggung hidung, lebar punggung hidung dan simotic angle lebih sempit dengan bentuk lubang hidung lebih oval daripada sampel populasi Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.73/16 Dam a
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Hidung, Ketinggian, Morfologi Hidung
Subjects: Q Science > QM Human anatomy
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Shaila Puspita Damayanti, 071211732015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorToetik Koesbardiati, Dr. Phil.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 14 Sep 2016 03:29
Last Modified: 14 Jun 2017 17:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45214
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item