Eksistensi Kesenian Gendang Beleq (Studi Deskriptif Pada Kelompok Kesenian Gendang Beleq Tunas Mekar kampung Batu Raja Kecamatan Ampenan Lombok barat)

Nidal Saputra Ramadhan, 071017005 (2016) Eksistensi Kesenian Gendang Beleq (Studi Deskriptif Pada Kelompok Kesenian Gendang Beleq Tunas Mekar kampung Batu Raja Kecamatan Ampenan Lombok barat). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.ANT.78-16 Ram e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesenian merupakan salah satu unsur kebudayaan yang menarik untuk diteliti. Salah satu kesenian khas Lombok adalah kesenian Gendang Beleq dan. Gendang Beleq merupakan pertunjukan seni Tradisional yang dilakukan di atas sebuah panggung dan berfungsi untuk menghibur masyarakat yang sedangmenontonnya. Ciri utama yang terdapat padaKesenian Gendang Beleq terletak pada pembukaan pertunjukan tersebut, yaitu ada Penarinya dan pemain musiknya masyarakat lombok menyebutnya Sekaha. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini ialah bagaimana menjaga eksistensikesenianGendangBeleqini agar tidak hilang di telan zaman. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Observasi dilakukan di dalam sanggar kesenian Gendang Beleq Tunas Mekardan wawancara dilakukan terhadap informan yang telah dipilih oleh peneliti yang terdiri dari pihak senimantersebut, yaitu Sekaha muda dan sekaha tua yang sudah senior. Penelitian ini menggunakan teknik analisa deskriptif, Proses untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi (foto). Fungsi yang dapat dianalisa adalah fungsi dari media sebagai penyalur kesenian tradisional yang masih bertahan sampai saat ini dan mengalami perkembangan pula dalam hal pertunjukannya yang dibawakan, seperti yang dulu jika di pentaskan hanya untuk acara penyemangat prajurit dan raja untuk berperang serta memohon hujan sekarang menjadi pertunjukan yang bersifat komersil untuk pernikahan dan menyambut tamu-tamu penting seperti pejabat karena memang ini merupakan sumber mata pencaharian juga bagi seniman Lombok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.ANT.78/16 Ram e
Uncontrolled Keywords: Sekaha, kesenian dan GendangBeleq
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Nidal Saputra Ramadhan, 071017005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjioSantoso, Drs., M.SosioUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 14 Sep 2016 05:45
Last Modified: 14 Sep 2016 05:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45219
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item