TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT DALAM KEGIATAN PENERTIBAN PENDAKIAN GUNUNG PENANGGUNGAN

NISYA’ TRI YOLANDA, 071211431004 (2016) TINDAKAN SOSIAL MASYARAKAT DALAM KEGIATAN PENERTIBAN PENDAKIAN GUNUNG PENANGGUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.70-16 Yol t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyaknya wisatawan yang melakukan pendakian di Gunung Penanggungan membawa perubahan sikap sosial masyarakat di sekitar Gunung Penanggungan yang diwujudkan dengan dilakukannya kegiatan penertiban pendakian. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tindakan sosial masyarakat di sekitar Gunung Penanggungan dalam penertiban pendakian Gunung Penanggungan Jalur Pendakian Tamiajeng, yakni apa tindakan sosial yang dilakukan dan bagaimana tindakan sosial tersebut dilakukan oleh masyarakat di sekitar Gunung Penanggungan serta mengapa masyarakat pelaku penertiban pendakian ini merasa perlu untuk melakukan tindakan sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap masyarakat pelaku penertiban pendakian yang dipilih secara purposif. Teori yang digunakan dalam menganalisis data yang didapatkan yakni teori tindakan sosial oleh Max Weber. Hasil dari temuan data mengungkapkan bahwa tindakan sosial yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan penertiban pendakian antara lain melakukan pendataan pendaki, memberikan himbauan terkait kelestarian alam dan keamanan situs-situs bersejarah dan memberikan pertolongan kepada pendaki. Dalam melakukan tindakan tersebut, masyarakat bekerjasama dengan Perum Perhutani dengan sistem pembagian hasil. Terkait pembiayaan klaim medis pendaki, masyarakat bekerjasama dengan pihak asuransi. Masyarakat juga memenuhi pungutan-pungutan liar oleh oknum dari institusi pemerintah. Masyarakat pelaku penertiban pendakian juga mendapatkan upah untuk setiap kali bertugas. Untuk itu masyarakat menetapkan tarif masuk pendakian. Tindakan sosial tersebut dilakukan untuk mempertahankan eksistensi Gunung Penanggungan sebagai obyek wisata pendakian favorit. Masyarakat di sekitar Gunung Penanggungan menggantungkan diri pada upah yang didapat dari kegiatan penertiban pendakian yang dilakukannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.70/16 Yol t
Uncontrolled Keywords: tindakan sosial, penertiban pendakian
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
NISYA’ TRI YOLANDA, 071211431004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Sumbodo Singgih, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 16 Sep 2016 03:13
Last Modified: 16 Sep 2016 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item