PEKERJA SEKS KOMERSIAL PASCA DITUTUPNYA LOKALISASI KREMIL (Studi Deskriptif Mekanisme Survival Pekerja Seks Komersial Lokalisasi Kremil Tambak Asri Surabaya)

LAILY MASRURIN NISA, 071211431007 (2016) PEKERJA SEKS KOMERSIAL PASCA DITUTUPNYA LOKALISASI KREMIL (Studi Deskriptif Mekanisme Survival Pekerja Seks Komersial Lokalisasi Kremil Tambak Asri Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.73-16 Nis p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Pekerja Seks Komersial Pasca Ditutupnya Lokalisasi Kremil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme survival yang dilakukan oleh PSK pasca ditutupnya lokalisasi Kremil. Peneliti menganggap penting pembahasan ini karena penutupan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap seluruh lokalisasi yang berada di Surabaya ini mengundang pro dan kontra di masyarakat dengan banyaknya kendala muncul pasca adanya penutupan lokalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, yakni dengan cara wawancara mendalam. Di dalam penelitian ini terdapat tiga orang PSK, dua orang mucikari atau germo, dan satu orang yang menjadi informan kunci yang juga mantan ketua keamanan RW setempat sebagai narasumber dengan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang memilih menjadi PSK dari latar belakang keluarga yang beragama dan sedang mengalami masalah di rumah tangganya baik itu cerai atau suami yang meninggal, para PSK tersebut juga banyak yang berkerja karena dijerumuskan oleh temannya. Setelah dilakukan penutupan mekanisme survival yang digunakan beragam banyak diantaranya yang memutuskan untuk tetap menjadi PSK secara sembunyisembunyi. Penelitian ini menggunakan kajian fenomenologi, maka seluruh tindakan yang dilakukan oleh PSK pasca d tutupnya lokalisasi adalah tindakan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan penghasilan seperti sebelum adanya penutupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.73/16 Nis p
Uncontrolled Keywords: pekerja seks komersial, mekanisme survival
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ101-440.7 Prostitution
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
LAILY MASRURIN NISA, 071211431007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBagong Suyanto, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M.
Date Deposited: 16 Sep 2016 03:27
Last Modified: 16 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45244
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item