MEKANISME SURVIVAL PEMBANTU RUMAH TANGGA “POCOKAN” (Studi Tentang Pembantu Rumah Tangga “Pocokan” di Kompleks Perumahan Wisma Tropodo Sidoarjo)

RADEN RAMADHAN K, 070914110 (2016) MEKANISME SURVIVAL PEMBANTU RUMAH TANGGA “POCOKAN” (Studi Tentang Pembantu Rumah Tangga “Pocokan” di Kompleks Perumahan Wisma Tropodo Sidoarjo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.75-16 Rad m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan terhadap fenomena cara bertahan hidup pembantu rumah tangga “pocokan” di tengah keterbatasan ekonomi ketika tinggal di perkotaan. Yang di maksud “pocokan” adalah tenaga kerja yang dapat mengerjakan berbagai macam pekerjaan kasar, Seperti halnya dalam satu hari dapat bekerja 3 sampai 5 tempat. Selain itu, peneliti melihat dari sisi lain pembantu rumah tangga “pocokan” yang mana di setiap bulannya mereka mempunyai tanggungan, seperti membagi penghasilan mereka untuk keluarga yang ada di desa, lalu untuk membayar kos tempat tinggal sementara dan kebutuhan untuk makan sampai satu bulan kedepan sampai PRT “pocokan” mendapatkan penghasilan lagi. Dari hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti mekanisme survival pembantu rumah tangga “pocokan”. Penelitian ini menggunakan teori mekanisme survival yang kemukakan oleh James C.Scott. teori tersebut memandang bahwa dua tiga cara yang dilakukan masyarakat miskin untuk bertahan hidup seperti yang di ulas oleh James Scott yaitu mengikat sabuk lebih kencang, alternatif etika substitansi, lalu hubungan sosial dan jaringan sosial. Dalam teori tersebut dapat menganalisis mekanisme survival yang dilakukan pembantu rumah tangga “pocokan”. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Kualitatif Deskriptif, dengan menggunakan metodologi ini akan dapat menyelediki dan mendeskripsikan permasalahan yang terjadi pada mekanisme survival pembantu rumah tangga “pocokan”. Setelah melalui tahapan penelitian ini pada akhirnya menghasilkan temuan pokok yang mana cara bertahan hidup pembantu rumah tangga yang mempunyai beberapa metode seperti merubah pola makan mereka yang hanya sekali makan dalam sehari untuk menekan pengeluaran dan memanfaatkan jaringan sosial antar teman, majikan dan keluarga memang di andalkan oleh PRT “pocokan”, sehingga para PRT mendapatkan pekerjaan tersebut dan ada penghasilan sampingan lain yang di dapat selain pekerjaan tetap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.75/16 Rad m
Uncontrolled Keywords: Pembantu Rumah Tangga, “pocokan”, Mekanisme Survival
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
RADEN RAMADHAN K, 070914110UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas‟udah, S.Sos., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 16 Sep 2016 03:35
Last Modified: 16 Sep 2016 03:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45246
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item