PELATIHAN STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA SMA N 4 SURABAYA

SOFI FITRIA HIDAYAH, 111314153030 (2016) PELATIHAN STRATEGI SELF-REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA SMA N 4 SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Tpsi.20-16 Hid p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan strategi self-regulated learning dalam meningkatkan belajar mandiri pada siswa SMA. Peningkatan pada belajar mandiri dapat dilakukan dengan meningkatkan selfregulated learning dengan mengajarkan siklus-siklus dalam self-regulated learning yang meliputi self evaluation and monitoring, goal setting and strategic planning, strategy-implementation monitoring, strategy-outcome monitoring. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan desain onegroup pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Surabaya. Beberapa alat pengumpul data yang digunakan adalah tes prestasi pelatihan strategi self regulated learning, skala, dan wawancara inter rater belajar mandiri yang disusun oleh peneliti yang berlandaskan dari teori yang dikemukakan oleh Candy (1991). Data dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik paired sample t-test dan statistik nonparametrik wilcoxon signed rank test. Hasil analisis data terhadap skor subjek pada alat ukur menunjukkan bahwa: (1) alat ukur tes prestasi dengan nilai t = –17, 804 dan sign = 0,00 < 0,05 yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning dapat meningkatkan pengetahuan self-regulated learning pada peserta; (2) alat ukur sikap belajar mandiri dengan nilai t = –7,178 dan sign = 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning dapat meningkatkan belajar mandiri pada peserta. Effect size pelatihan ini menunjukkan skor sebesar 0,92 yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning memberikan pengaruh yang cukup kuat pada sikap belajar mandiri peserta pelatihan; (3) alat ukur wawancara inter rater dengan nilai Z = –2,805 dan sign = 0,005 > 0,05 yang berarti bahwa pelatihan strategi self-regulated learning dapat meningkatkan perilaku belajar mandiri pada peserta. Peneliti menyarankan agar peserta dapat terus meningkatkan belajar mandirinya. Bagi sekolah, peneliti menyarankan untuk juga memberikan pelatihan strategi self-regulated learning pada siswa kelas lainnya. Bagi peneliti selanjutnya, peneliti dapat menggunakan metode pengumpulan data yang lebih komprehensif, menggunakan kelompok kontrol, dapat mencapai tingkat true experiment, dan dapat melakukan evaluasi di tingkat result.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Tpsi.20/16 Hid p
Uncontrolled Keywords: Belajar Mandiri, Pelatihan Strategi Self-Regulated Learning, Siswa SMA Negeri 4 Surabaya.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
SOFI FITRIA HIDAYAH, 111314153030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrihastuti, Dra., SU.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Oct 2016 06:11
Last Modified: 11 Mar 2018 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45282
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item