PENINGKATAN CARING BERDASARKAN ANALISIS PENYEBAB BURNOUT SYNDROME PERAWAT IRNA DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA PENELITIAN CROSS SECTIONAL

PRESTASIANITA PUTRI, 131414153006 (2016) PENINGKATAN CARING BERDASARKAN ANALISIS PENYEBAB BURNOUT SYNDROME PERAWAT IRNA DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA PENELITIAN CROSS SECTIONAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.30-16 Put p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Burnout syndrome pada perawat dapat mempengaruhi pelayanan ke pasien, terutama caring. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan caring berdasarkan analisis penyebab burnout syndrome perawat IRNA di RS Umum Haji Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian sejumlah 120 perawat IRNA di RSU Haji Surabaya, dengan jumlah sampel 92 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel cluster proporsional sampling. Variabel penelitian yaitu penyebab burnout syndrome, burnout syndrome, dan caring perawat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan deskriptif dan statistik. Analisa statistik menggunakan regresi linier berganda dan analisa regresi logistik multinomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa burnout syndrome pada dimensi kelelahan emosional berpengaruh terhadap caring (p=0,000). Faktor individu, yaitu usia (p=0,00), efikasi diri (p=0,035), faktor pekerjaan yaitu beban kerja mempengaruhi kelelahan emosional (p=0,011), sedangkan faktor lingkungan tidak mempengaruhi kelelahan emosional. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah faktor kelelahan emosional, yang merupakan dimensi burnout syndrome, dapat mempengaruhi caring. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti merekomendasikan untuk melakuakan peningkatan caring dengan melakukan penyegaran tentang fungsi perawat, shift dilakukan sesuai jadwal, on the job training, dan membuat role model pada tiap ruangan. Penelitian selanjutnya dapat membahas tentang rewards dan realokasi beban kerja dalam mempengaruhi caring perawat di RSU Haji Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.30/16 Put p
Uncontrolled Keywords: faktor individu, lingkungan kerja, burnout syndrome, caring
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
PRESTASIANITA PUTRI, 131414153006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof. Dr., dr., MS,UNSPECIFIED
Thesis advisorRizki Fitryasari, S. Kep., Ns., M. KepUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Nov 2016 21:44
Last Modified: 22 Mar 2018 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45501
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item