PENGARUH AKUPRESUR DAN LAFADZ AL-QUR’AN SURAH AL-FATIHAH TERHADAP INTENSITAS NYERI SAAT DILAKUKAN PROSEDUR PERAWATAN LUKA PADA KLIEN BEDAH ORIF DI RSD dr. SOEBANDI JEMBER

ENGGAL HADI KURNIYAWAN, 131414153018 (2016) PENGARUH AKUPRESUR DAN LAFADZ AL-QUR’AN SURAH AL-FATIHAH TERHADAP INTENSITAS NYERI SAAT DILAKUKAN PROSEDUR PERAWATAN LUKA PADA KLIEN BEDAH ORIF DI RSD dr. SOEBANDI JEMBER. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.31-16 Kur p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Open Reduction and Internal Fixation (ORIF) merupakan tindakan pembedahan pada fraktur yang sudah diterapkan dengan baik di seluruh dunia. Banyak pasien merasakan nyeri pada saat dilakukan prosedur perawatan luka. Penggunaan obat analgesik dan intervensi komplementer yang tepat adalah kunci dalam menurunkan nyeri. Akupresur dan lafadz Al-Qur’an surah Al-Fatihah dapat digunakan sebagai intervensi untuk menurunkan tingkat nyeri pada saat perawatan luka. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan akupresur dan lafadz surah Al-Fatihah dalam menurunkan tingkat nyeri saat perawatan luka pada pasien pasca bedah ORIF dan meningkatkan kadar β-endorfin urin. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi-Experimental dengan pendekatan Pre-test-Post-test, di RSD dr. Soebandi Jember. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling melalui teknik consecutive sampling, terdiri dari 28 responden, berdasarkan kriteria inklusi. Variabel penelitian: Karakteristik responden (umur, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan), akupresur, lafadz surah Al-Fatihah, nyeri, dan endorfin. Data dikumpulkan dengan menggunakan pertanyaan terstruktur, skala nilai numerik, ELISA kit, dan dianalisa dengan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil dan Analisis: Akupresur, lafadz surah Al-Fatihah, dan gabungan akupresur dengan lafadz surah Al-Fatihah secara signifikan menurunkan tingkat nyeri saat perawatan luka pada pasien pasca bedah ORIF (p < 0.05). Tidak ada intervensi yang paling efektif diantara akupresur, lafadz surah Al-Fatihah, dan gabungan akupresur dengan lafadz surah Al-Fatihah dalam menurunkan tingkat nyeri (p > 0.05). Akupresur, lafadz surah Al-Fatihah, dan gabungan akupresur dengan lafadz surah Al-Fatihah tidak signifikan dalam meningkatkan kadar β-endorfin urin (p > 0.05). Diskusi dan Kesimpulan: Akupresur, lafadz surah Al-Fatihah, dan gabungan akupresur dengan lafadz surah Al-Fatihah adalah intervensi alternatif yang baik digunakan untuk menurunkan tingkat nyeri saat perawatan luka pada pasien pasca bedah ORIF walaupun intervensi ini belum dapat meningkatkan kadar β-endorfin urin.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.31/16 Kur p
Uncontrolled Keywords: Akupresur, Al-Fatihah, nyeri, β-Endorfin, rawat luka, ORIF
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL51-65 Religion in Relation to Special Subjects
R Medicine > RD Surgery > RD520-599.5 Surgery by region, system, or organ
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ENGGAL HADI KURNIYAWAN, 131414153018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJoni Haryanto, Dr., S.Kp., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorSriyono, S.Kep.,Ns., M.Kep., Sp.Kep.MBUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Nov 2016 21:50
Last Modified: 03 Nov 2016 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45502
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item