PENGARUH ZIKIR TERHADAP RESPONS KOGNITIF, KADAR KORTISOL, DAN TINGKAT DEPRESI KLIEN GAGAL JANTUNG DI RSUD Dr. SOEGIRI LAMONGAN

FANNI OKVIASANTI, 131414153011 (2016) PENGARUH ZIKIR TERHADAP RESPONS KOGNITIF, KADAR KORTISOL, DAN TINGKAT DEPRESI KLIEN GAGAL JANTUNG DI RSUD Dr. SOEGIRI LAMONGAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TKP.34-16 Okv p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Depresi merupakan kondisi komorbid yang sering terjadi pada penderita gagal jantung. Skor depresi rendah ditemukan pada klien gagal jantung yang berzikir. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan skor depresi rendah yang ditemukan pada klien gagal jantung yang berzikir. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi experiment pre-post test control group design. Jumlah sampel sebanyak 18 orang yang dipilih secara consecutive sampling, terdiri dari 9 orang kelompok kontrol dan 9 orang kelompok perlakuan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah zikir, sedangkan variabel dependen terdiri dari respons kognitif, kadar kortisol, dan tingkat depresi. Pengumpulan data variabel respons kognitif dan tingkat depresi menggunakan kuesioner, sedangkan variabel kadar kortisol melalui pengambilan sampel darah vena yang dukur dengan metode enzyme linked fluorescent immunoassay (ELFA). Uji statistik menggunakan t-Test, Mann Whitney, dan Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat kemaknaan α < 0,05. Hasil dan analisis: Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) zikir meningkatkan respons kognitif klien gagal jantung dengan tingkat kemaknaan p = 0,000, 2) zikir menurunkan kadar kortisol klien gagal jantung dengan tingkat kemaknaan p = 0,015, dan 3) zikir menurunkan tingkat depresi klien gagal jantung dengan tingkat kemaknaan p = 0,000. Diskusi dan kesimpulan: Zikir meningkatkan respons kognitif klien gagal jantung melalui pembentukan stress perception yang tepat. Stress perception yang tepat membentuk stress response yang adaptif berupa penurunan kadar kortisol dan tingkat depresi. Penelitian lanjutan diperlukan untuk menggunakan intervensi zikir sebagai alternatif solusi mengatasi depresi klien gagal jantung pada populasi yang lebih luas dengan meningkatkan metode penelitian, besar sampel, maupun jangkauan populasi penelitian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.34/16 Okv p
Uncontrolled Keywords: zikir, respons kognitif, kadar kortisol, tingkat depresi, gagal jantung
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
FANNI OKVIASANTI, 131414153011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuhartono Taat Putra, Prof. Dr., dr., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorAbu Bakar, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kep.MB.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Nov 2016 22:05
Last Modified: 22 Mar 2018 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45505
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item