Perjuangan Alumni dalam Ranah Sekolah (Studi Kasus Membangun Habitus dan Kesadaran Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Prestasi di Surabaya)

Chusnawirya Kurnia Devi, 071414753005 (2016) Perjuangan Alumni dalam Ranah Sekolah (Studi Kasus Membangun Habitus dan Kesadaran Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Prestasi di Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TSO.10-16 Dev p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengembangan jaringan oleh alumni merupakan potensi strategis untuk membuka berbagai peluang dan meningkatkan daya saing suatu institusi pendidikan.Sayangnya peranan alumni dalam memajukan kualitas suatu institusi pendidikan formal yang sering terlupakan.Pada penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh pemahaman tentang praktik sosial alumni SMAN Prestasi Surabaya dalam menumbuhkan habitus baru kepada adik-adik kelasnya dan mengetahui dan memperoleh pemahaman tentang ranah perjuangan yang dihadapi alumni dalam upaya melakukan penyadaran kepada siswa SMAN Prestasi Surabaya. Sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan teori Pierre Bourdieu mengenai habitus, modal, ranah, praktik sosial, dan kekerasan simbolik yang didukung dengan teori Paulo Freirre dalam melihat pengurungan kesadaran melalui pendidikan gaya bank dan kesadaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kritis dengan perspektif transformatif mengingat fokus penelitian ini adalah membangun habitus yang muncul atas kesadaran kritis.Data ini diambil di SMAN Prestasi Surabaya, yaitu alumni dan siswa yang keseluruhannya berjumlah 20 orang. Data dijaring dengan cara (1) melakukan pengamatan dan data statistik; dan (2) wawancara mendalam. Kemudian Data diolah mengikuti langkahlangkah metodis antara lain, (1) membuat pemetaan; (2) proses menghubungkan hasil-hasil temuan dengan refrerensi atau teori dan mencari hubungan diantara sifat-sifat kategori. Pada penelitian ini diperoleh data bahwa sebagai alumni, mereka mempunyai kewajiban untuk ikut berkontribusi dalam penanaman nilai-nilai baru secara langsung dengan membentuk IKA sebagai wadah bagi alumni dan siswa dalam menumbuhkan habitus baru dalam diri siswa. Disisi lain, alumni juga harus lebih berjuang, karena sekolah begitu kuat memegang kendali reproduksi demi mempertahankan posisi dan dominasinya. Dengan didukung dengan kesadaran reflektif siswa, akan tumbuh pribadi yang kritis dan pembuka keberanian untuk bertindak dan terlibat langsung menghilangkan dominasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO.10/16 Dev p
Uncontrolled Keywords: Peran alumni, ranah sekolah, habitus baru, kesadaran, dominasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM435-477 History of sociology. History of sociological theory > HM461-473 Schools of sociology. Schools of social thought
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Chusnawirya Kurnia Devi, 071414753005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuti Budirahayu, Dr., Dra., MsiUNSPECIFIED
Thesis advisorBeny Soembodo, Drs., M.siUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 09 Nov 2016 22:19
Last Modified: 19 Dec 2017 15:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item