ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PELAKSANAAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL PENCEGAHAN PASIEN JATUH (STUDI DILAKUKAN DI RUMAH SAKIT X SURABAYA)

NI PANJAWI LACSHITA JATI, 101211131194 (2016) ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN PELAKSANAAN STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL PENCEGAHAN PASIEN JATUH (STUDI DILAKUKAN DI RUMAH SAKIT X SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 211-16 Jat a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyelenggaraan keselamatan pasien seperti mengurangi pasien risiko jatuh, diperlukan berbagai Standar Prosedur Operasional (SPO) dan panduan pelaksanaannya. Namun, berdasarkan penelitian sebelumnya terdapat perawat yang tidak melaksanakan SPO assesmen awal sebesar 60% dan 100% assemen ulang pada tahun 2016 di Rumah Sakit X Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis berbagai faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh di Rumah Sakit X Surabaya. Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan observasional dan menggunakan rancang bangun cross sectional. Kuesioner disebarkan kepada 47 perawat. Variabel dependen penelitian adalah kepatuhan perawat dalam melaksanakan SPO Pencegahan Pasien Jatuh. Variabel independen penelitian adalah faktor individu (demografis, pengetahuan, dan motivasi) dan faktor organisasi (struktur organisasi, desain kerja, dan kepemimpinan). Data dianalisis menggunakan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan: (1)ada hubungan usia (demografis) dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh, (2)ada hubungan pengetahuan dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh, dan (3)ada hubungan motivasi dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh. (4)Terdapat hubungan struktur organisasi dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh, (5)tidak ada hubungan desain kerja dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh, dan (6)ada hubungan kepemimpinan dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh. Kesimpulannya adalah faktor usia, pengetahuan, motivasi, struktur organisasi, dan kepemimpinan memiliki hubungan signifikan dengan kepatuhan pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh. Disarankan bagi pihak rumah sakit untuk mengadakan sosialisasi dan memberikan apresiasi, pelatihan dan komitmen dalam pelaksanaan SPO Pencegahan Pasien Jatuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 211-16 Jat a
Uncontrolled Keywords: Faktor individu, Faktor organisasi, SPO Pencegahan Pasien Jatuh
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NI PANJAWI LACSHITA JATI, 101211131194UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr. , drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Nov 2016 15:57
Last Modified: 29 Mar 2018 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45646
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item