TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH MELALUI EDUKASI GIZI COOKING CLASS (Studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Bangil Pasuruan)

AGUS SRI RAHAYU, 101411223001 (2016) TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN KONSUMSI SAYUR DAN BUAH MELALUI EDUKASI GIZI COOKING CLASS (Studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Bangil Pasuruan). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 218-16 Rah t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalahgizi yang seringtimbulpadakelompokusia anak sekolah diantarnya adalah anemia defisiensi gizi. Salah satuperilakugizi yang salahpada anak sekolah adalah kurang mengkonsumsi buah dan sayur yang merupakansumber zatgizi vitamin dan mineral. Penelitian ini bertujuanuntuk mempelajari tingkat pengetahuan, sikap, tindakan konsumsi sayur dan buah pada siswa sekolah dasar melalui metode ceramah dan kombinasi ceramah-cooking class. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental dengan rancangan pretest posttest design, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 4 SDIT Al Uswah Bangil Kabupaten Pasuruan yang terbagi dalam dua kelompok yaitu kelompok edukasi gizi dengan ceramah dan kelompok ceramah kombinasi cooking class. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, analisa data menggunakan analisis deskriptif dan statistik. Hasil penelitian menunjukkan edukasi gizi melalui ceramah dapat meningkatkan pengetahuan (p=0,010) dan sikap responden (p=0,000), sedangkan metode kombinasi ceramah cooking- class dapat meningkatkan pengetahuan (p=0,004), sikap (p=0,010 ) dan tindakan responden (p=0,002). Sedangkan pengukuran antar metode menunjukkan tingkat perbedaan yang signifikan pada tindakan konsumsi buah dan sayur pada post test (p =0,049). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah edukasi gizi metode ceramah dan kombinasi ceramah-cooking class dapat meningkatkan tingkat pengetahuan dan sikap siswa. Metode kombinasi ceramah cooking-class dapat meningkatkan tindakan siswa dalam konsumsi buah dan sayur.Perlunya dilakukan edukasi gizi dengan metode kombinasi ceramah cooking-class kepada siswa sekolah dasar dengan didampingi oleh guru kelas dan edukasi gizi kepada orang tua murid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 218-16 Rah t
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, tindakan, ceramah,cooking class.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AGUS SRI RAHAYU, 101411223001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rahayu Nadhiroh, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorDini Ririn Andrias, S.KM., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Nov 2016 16:44
Last Modified: 22 Feb 2018 22:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45653
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item