HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN MEMBACA LABEL INFORMASI NILAI GIZI DENGAN KONSUMSI ZAT GIZI DI KALANGAN MAHASISWA

NIMAS OLIVIA OKTARINI, 101411223023 (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN KEBIASAAN MEMBACA LABEL INFORMASI NILAI GIZI DENGAN KONSUMSI ZAT GIZI DI KALANGAN MAHASISWA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 220-16 Okt h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengetahuan gizi pada masyarakat mengenai produk pangan kemasan dapat dipengaruhi oleh label produk pangan tersebut. Salah satu informasi yang sering luput dari pengamatan konsumen adalah informasi nilai gizi. Hasil dari berbagai penelitian menyatakan bahwa mahasiswa cenderung kurang memiliki kebiasaan dalam membaca label informasi nilai gizi. Konsumsi beberapa zat gizi dilaporkan lebih rendah pada responden yang membaca label pangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan kebiasaan membaca label informasi nilai gizi dengan konsumsi zat gizi di kalangan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan menggunakan desai penelitian cross sectional. Responden adalah mahasiswa Prodi Statistika Fakultas Sains dan Teknologi dan mahasiswa Prodi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat angkatan 2013-2015 Universitas Airlangga sejumlah 48 mahasiswa sebagai sampel. Responden diminta untuk mengisi kuesioner mengenai karakteristik, pengetahuan dan kebiasaan membaca label informasi nilai gizi kemudian dilakukan wawancara mengenai makanan dan minuman yang dikonsumsi selama 2 hari sebelumnya menggunakan metode food recall 2x24 jam. Hubungan antar variabel dianalisis statistik menggunakan chi square dan T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 56,25% responden telah memiliki pengetahuan yang baik tentang label informasi nilai gizi. Tidak ada hubungan yang bermakna antara karakteristik responden yakni usia, uang saku, status diet, tingkat pendidikan ayah dan ibu dan keterpaparan media informasi dengan pengetahuan tentang label informasi nilai gizi kecuali jenis kelamin. Tidak ada hubungan yang bermakna antara karakteristik responden berupa usia, jenis kelamin, uang saku, status diet dan tingkat pendidikan ayah dan ibu dengan kebiasaan membaca label informasi nilai gizi kecuali keterpaparan media informasi. Rata-rata konsumsi zat gizi berupa energi, protein, karbohidrat, lemak dan natrium pada responden tergolong rendah jika dibandingkan dengan AKG. Diketahui bahwa rata-rata konsumsi zat gizi pada kelompok dengan kebiasaan membaca label informasi nilai gizi lebih rendah daripada kelompok yang tidak memiliki kebiasaan tersebut kecuali protein. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah responden perempuan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang label informasi nilai gizi dibandingkan dengan responden laki-laki. Selain itu, responden yang terpapar media informasi memiliki kebiasaan membaca label informasi nilai gizi. Saran penelitian ini yaitu diperlukan peningkatan edukasi utamanya pada mahasiswa laki-laki mengenai label informasi nilai gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 220-16 Okt h
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, kebiasaan, konsumsi zat gizi, label informasi nilai gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NIMAS OLIVIA OKTARINI, 101411223023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rahayu Nadhiroh, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorTriska Susila Nindya, S.KM., M.PH. (Nutr.)UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Nov 2016 16:59
Last Modified: 29 Mar 2018 01:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item