Samsul Arifin, 071414853029
(2016)
KAJIAN PENYELENGGARAAN KEBIJAKAN INFORMASI PUBLIK (STUDI EVALUASI PROGRAM DISEMINASI INFORMASI DI DISHUBKOMINFO KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2012-2015).
Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini tentang evaluasi program diseminasi informasi di
dishubkominfo kabupaten Bangkalan dengan mengukur berhasil tidaknya
program tersebut dengan melihat sikap masyarakat terhadap pesan yang
disampaikan oleh pemerintah kabupaten Bangkalan melalui media diseminasi
informasi yaitu, Billboard, Sosialisasi tatap muka, Radio, Website, Lensa Madura
dan Pertunjukan rakyat (Pertura) yang telah dilaksanakan sejak tahun 2012 sampai
sekarang, Diseminasi (Dissemination) adalah suatu kegiatan yang ditujukan
kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul
kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi dengan
menggunakan teori schramm yang menyatakan efektifitas diseminasi informasi
jika (1). Pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh khalayak (2). Komunikan
berperilaku sesuai dengan keinginan komunikator (3). Adanya kesesuaian antar
komponen. dan teori sikap Menurut Alport menyatakan sikap sebagai predisposisi
yang dipelajari (leaned predisposition) untuk berespons terhadap suatu objek atau
kelas objek dalam suasana menyenangkan atau tidak menyenangkan secara
konsisten. Yang diperkuat dengan konteks strategi komunikasi dan diseminasi
informasi publik menurut Cees Leeuwis, dimana prinsip komunikasi adalah
tercapai common interest, yakni bagaimana kepentingan pemerintah dan
masyarakat „bertemu‟.
Metode penelitian ini adalah metode evaluasi dengan pendekatan kuantitatif
dengan instrumen kuesioner yang diperkuat dengan data kualitatif dengan
instrumen wawancara, dalam menginterpretasikan data statistik kuantitatif yang
telah dihasilkan dari 100 responden, dengan kriteria khusus yaitu masyarakat yang
pernah mengakses media diseminasi informasi pemerintah kabupaten Bangkalan.
Hasil penelitian ini adalah masyarakat menilai bahwa pesan yang
disampaikan dapat dimengerti dan dipahami akan tetapi pesan informasi tersebut
tidak cukup sesuai dengan kebutuhan informasi yang didinginkan oleh
masyarakat, sehingga pesan yang disampaikan melalui media diseminasi secara
umum gagal mempersuasi masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan tujuan
penyampaian pesan.hal ini disebabkan Dishubkominfo dalam perencanaan
program tidak pernah melakukan analisis situasi sehingga tidak memiliki
spesifikasi tujuan yang jelas dalam program kegiatannya. Dan tidak dapat
menyususn strategi komuikasi secara sinergis untuk menghasilkan program yang
efektif dan efisien.dan program kegiatan hanya berdasarkan pada pemenuhan
pemakaian anggaran sesuai standar pelayanan minimum (SPM) yang telah
ditentukan.
Item Type: |
Thesis
(Thesis)
|
Additional Information: |
KKB KK-2 TSK.27/16 Ari k |
Uncontrolled Keywords: |
Diseminasi informasi, sikap, strategi komunikasi diseminasi
informasi |
Subjects: |
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 Geographic information systems |
Divisions: |
07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi |
Creators: |
Creators | NIM |
---|
Samsul Arifin, 071414853029 | UNSPECIFIED |
|
Contributors: |
Contribution | Name | NIDN / NIDK |
---|
Thesis advisor | Henry Subiakto, Prof. Dr., Drs., SH.,M.A | UNSPECIFIED | Thesis advisor | Suko Widodo, Drs., M.Si | UNSPECIFIED |
|
Depositing User: |
Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
|
Date Deposited: |
14 Nov 2016 18:32 |
Last Modified: |
14 Nov 2016 18:32 |
URI: |
http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45700 |
Sosial Share: |
|
|
|
Actions (login required)
|
View Item |