HUBUNGAN POLA KONSUMSI, TINGKAT KECUKUPAN GIZI DAN STATUS GIZI MAHASISWA UKM PENCAK SILAT UNESA (Studi pada mahasiswa yang tergabung dalam UKM Pencak Silat UNESA)

DINA RESTU ENGGARSARI, 101211131008 (2016) HUBUNGAN POLA KONSUMSI, TINGKAT KECUKUPAN GIZI DAN STATUS GIZI MAHASISWA UKM PENCAK SILAT UNESA (Studi pada mahasiswa yang tergabung dalam UKM Pencak Silat UNESA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 255-16 Eng h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nutrisi merupakan salah satu faktor yang berperan dalam peningkatan prestasi bagi olahragawan. Pencak silat merupakan salah satu olahraga yang memerlukan daya tahan dan penampilan kerampingan sehingga membutuhkan asupan gizi yang seimbang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola konsumsi, tingkat kecukupan gizi dan status gizi atlet pencak silat FIK Unesa. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancang bangun cross sectional. Sampel penelitian ini adalah sebagian mahasiswa aktif dalam UKM Pencak silat di UNESA yang berjumlah 35 mahasiswa. Pengumpulan data meliputi karakteristik atlet, pengetahuan gizi, perilaku makan, penyakit infeksi, pantangan makan, pola konsumsi diukur menggunakan kuesioner Food Frequency, tingkat kecukupan gizi diukur menggunakan Food Recall, status gizi berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT). Hasil analisis penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara perilaku makan meliputi: kebiasaan makan di luar rumah, food addict, pola makan vegetarian, konsumsi kafein/soft drink, konsumsi fast food dengan tingkat kecukupan gizi. Tidak terdapat hubungan antara perilaku diet dengan kecukupan gizi. Terdapat hubungan antara tingkat kecukupan energi, karbohidrat, protein, lemak dan air dengan status gizi. Dengan demikian status gizi atlet pencak silat tidak hanya dipengaruhi oleh perilaku makan dan asupan zat gizi saja, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lain yang berhubungan dengan status gizi atlet. Oleh karena itu penting diperhatikan semua faktor untuk menghasilkan performa yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 255-16 Eng h
Uncontrolled Keywords: pola konsumsi, tingkat kecukupan gizi, status gizi, atlet pencak silat
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DINA RESTU ENGGARSARI, 101211131008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMerryana Adriani, Dr. , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 15 Nov 2016 16:41
Last Modified: 01 Mar 2018 01:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45725
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item