PRODUKSI FITOSTEROID KULTUR PUCUK COSTUS SPECIOSUS KOEN (F8) PADA MEDIA YANG DIBERI PERLAKUAN LIMBAH YANG MENGANDUNG ION Cu2+ DAN Pb2+

DAP. RASMIKA DEWI, 059811994 (2002) PRODUKSI FITOSTEROID KULTUR PUCUK COSTUS SPECIOSUS KOEN (F8) PADA MEDIA YANG DIBERI PERLAKUAN LIMBAH YANG MENGANDUNG ION Cu2+ DAN Pb2+. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FF 02-02 DEW P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh penambahan lmbah yang mengandng ion Cu2+ dan Pb2+ terhadap indeks pertumbuhan dan kandungan fitosteroid kultur pucuk Costus specious Koen (F8). kultur pucuk Costus specious Koen (F8) ditanam pada media BA2C1 yang dibrei perlakuan penambahan limbah yang mengandung in Cu2+ dan Pb2+ volume tertentu selama 3 minggu. kemudian dilakukan analisis kualitatif senyawa sterol dan diosgenin kultur pucuk Costus specious Koen (F8) yang sudah dipanen, dikeringkan, dan diserbuk dengan metode KLT dan Densitometri. Analisis kuantitatif dilakukan dengan metode Densitometri. Analisis data dilakukan dengan uji anova "one way Anova" dan uji LSD. dari hasil penelitian didapat bahwa penambahan limbah yang mengandung ion Cu2+ dan Pb2+ ke dalam media perlakuan dapat meningkatkan indeks pertumbuhan kultur pucuk Costus specious Koen (F8) sampai 1,8 kali kontrol. Penambahan limbah pada media perlakuan tidak mampu menstimulasi peningkatan kadar senyawa sterol total dan diosgenin kultur pucuk Costus specious Koen (F8), terjadi penurunan kadar senyawa sterol total dan diosgenin sampai 0,5 kali kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 02-02 DEW P FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
DAP. RASMIKA DEWI, 059811994UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGUNAWAN INDRAYANTO, Prof. DrUNSPECIFIED
Thesis advisorSOEGIJANTO, Dra. MSUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 15 Nov 2016 20:31
Last Modified: 15 Nov 2016 20:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45752
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item