CITRA PELAYANAN PUBLIK (studi deskriptif tentang citra pelayanan publik oleh kantor bersama samsat B Surabaya dalam perspektif klien)

IFAH, 079916092 (2004) CITRA PELAYANAN PUBLIK (studi deskriptif tentang citra pelayanan publik oleh kantor bersama samsat B Surabaya dalam perspektif klien). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
AN 01-05 Ifa c.pdf

Download (581kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Abstraksi Dalam era otonomi daerah pelayanan publik adalah masaIah yang harus selaIu diperhatikan. Sejak digulirkannya kebijakan desentralisasi, maka pemerintah daerah dengan organisasi publik pemberi pelayanan publiknya berkewajiban untuk memberlkan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Pelayanan yang sering dikeluhkan oleh masyarakat dalam kurun waktu tertentu akan membentuk sebuah konsensus atau kesepakatan bersama dan terkristalisasi, hal ini akan berdampak pada pencitraan yang buruk. Citra atau imej yang buruk tentu saja tidak menguntungkan, karena imej yang buruk akan mengurangi bahkan mungkin menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap organisasi publik pemberi pelayanan publik. Imej organisasi publik pemberi pelayanan publik secara otomatis juga akan mempengaruhi imej pemerintah dan kepercayaan kepadanya. Tiadanya kepercayaan akan membuat sulit mengembangkan birokrasi politik yang sehat, efisien, dan tahan lama karena tidak ada kekuatan yang saling menghubungkan dan menyangganya Oleh karena itu studi untuk mengetahui citra pclayanan publik yang ada dalam masyarakat terutama pada para klicn yaitu mereka yang meminta dan atau menerima proses pelayanan penting untuk dilakukan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui citra pelayanan publik dalam perspektif klien di Kantor Bersama SAMSAT B Stirabaya. Pemilihan lokasi ini karena KB SAMSAT B Surabaya baru saja menerima penghargaan piaIa citra pelayanan dari presiden. Pemilihan ini juga dihadapkan pada asumsi bahwa sesuatu jika mengetahui ia diawasi kemungkinan hesar akan memberikan penampilan yang terbaik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melaui teknik wawancara tidak berstruktur, observasi dan penggunaan dokumen yang terkait. Pemilihan informan menggunakan teknik accidental sampling. Hasil penelitian yang didapat dianalisa dengan dilihat dari tiga dimensi yaitu kesan klien, kepercayaan klien dan sikap klien terhadap pelayanan. Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa gambaran citra pelayanan publik oleh KB SAMSAT B Surabaya dalam perspektif klien adalah pelayanan yang cukup menyenangkan tetapi belum biBa dipercaya sepenuhnya. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan belum prima dan belum memuaskan masyarakat di setiap aspeknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK KKB FIS AN 01-05 Ifa c
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICE
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
IFAH, 079916092UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 15 Nov 2016 20:53
Last Modified: 11 Dec 2017 23:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/45755
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item